Warga Korban Gusuran Ancam Blokir Flyover Citra Maja Raya (2)

Warga Korban Gusuran Ancam Blokir Flyover Citra Maja Raya (2)
tiang panjang flyover atau jalan layang kawasan Citra Maja Raya, Desa Curug Badak, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak pernah berdiri rumah Jariah bersama keluarganya.

KABUPATEN LEBAK, RADAR24NEWS.COM-Sejumlah warga korban gusuran di Kampung Maja Sinyal, Desa Curug Badak, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak mengancam memblokir flyover atau jalan layang di kawasan Citra Maja Raya. Hal itu dilakukan karena mereka sampai saat ini masih membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di lokasi tersebut. Selain itu, tanah relokasi yang saat ini ditempati belum jelas kepemilikannya. Sebab, mereka belum menerima Akte Jual Beli (AJB) asli dari broker tanah berinisial SOP alias MS.

Surayana menuturkan, awalnya mertua dia tidak akan menjual tanah warisan untuk dibangun flayover Citra Maja Raya. Namun dengan iming-iming ganti rugi bangunan rumah dan tanah peganti atau ruislag dengan luas yang sama yakni 1.000 meter persegi. Akhirnya, mertuanya bersedia dengan catatan dibuatkan AJB tanah ruislag tersebut.

Bacaan Lainnya

“Tapi dari tahun 2016 sampai dengan 2022, mertuanya hanya diberikan fotocopy AJB. Sedangan AJB asli masih ditangan broker SOP alias MS dengan alasan yang tidak jelas. Padahal, tanah dan bangunan rumahnya sudah menjadi Flyover kawasan Citra Maja Raya,” tutur Suriyana kepada radar24news.com, Rabu (23/3/2022).

Baca juga: Cerita Pilu Korban Gusuran Citra Maja Raya, 5 Tahun Hanya Diberikan Fotocopy AJB (1)

Untuk mendapatkan AJB asli, dia dan mertuanya sudah mendatangi rumah broker SOP alias MS baik yang di wilayah Rawalumbu, Kota Bekasi dan Kampung Kaburon, Desa Maja, Kecamatan Maja. Namun upaya itu tidak membuahkan hasil karena broker tersebut sulit ditemui.

“Sampai saat ini, kami belum pernah ketemu broker SOP alias MS. Padahal sudah didatangi ke rumahnya di Kota Bekasi dan di Desa Maja,” terangnya.

Karena broker itu sulit ditemui, dia meminta bantuan kepada pihak Desa Curug Badak untuk membantunya. Lag-lagi upaya tersebut tidak berhasil karena pihak desa tidak membantu secara maksimal. Padahal, Kepala Desa dan Sekretaris Desa Curug Badak menjadi saksi AJB itu.

“Kepala Desa dan Sekretaris Desa yang menjadi saksi dalam AJB itu, tapi tidak pernah membantu kami secara maksimal,” ucapnya.

Lebih lanjut Suryana mengatakan bahwa sekira empat bulan lalu, ada sesorang dari Jakarta mengklaim tanah yang ditempatinya saat ini merupakan milik orang tersebut. Padahal, tanah yang saat ini ditempatinya merupakan hasil dari kesepakatan dengan broker berinisial SOP alias MS. Sebab, SOP alias MS mngklaim tanah itu miliknya.

“Itu yang kita khwatir, karena tanah yang saat ini ditempat diklaim oleh pihak lain. Sedangkan kami hanya memiliki fotocopy AJB-nya yang diberi oleh broker SOP alias MS,” katanya.

Suryana menambahkan, pihaknya bersama dengan warga yang peduli dengan persoalan ini berencana akan menutup akses flyover Citra Maja Raya. Sebab, janji mereka tidak disepakati dan sampai saat ini, keluarganya yang masih membayar PBB di flyover tersebut.

“Semalam kita sudah berdiskusi bersama warga yang peduli dengan persoalan ini, jika broker SOP alias MS tidak segera memberikan AJB asli. Kami akan menutup akses flyover karena kami yang masih membayar PBB di flyover itu hingga 2021, sedangkan tanah yang saat ini ditempati tidak pernah ditagih PBB,” tutupnya.

Radar24news.com sudah berusaha mendatangi rumah broker SOP alias MS di Kampung Kaburon, Desa Maja, Kecamatan Maja. Namun di rumah itu tidak ada aktivitas. Radar24news.com sudah mengirim surat permohonan wawancara yang dikirim ke rumah SOP di Kota Bekasi pada Minggu (20/3/2022) lalu. Namun belum direspon.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari masyarakat Kecamatan Maja, SOP alias MS dikabarkan orang dekat Benny Tjokrosaputro terpidana kasus korupsi Jiwasraya. (imron)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.