Velg dan Ban Motor Cabe-Cabean Membahayakan

  • Whatsapp
Velg dan Ban Motor Cabe-Cabean Membahayakan
Ilustrasi: Velg dan ban motor kecil.

KABUPATEN TANGERANG, RADAR24NEWS.COM-Anda pasti sekarang sering sekali melihat tren sepea motor yang dimodifikasi dengan memakai velg dan ban yang berukuran kecil, atau bukan ukuran normal yang seharusnya sepeda motor tersebut gunakan.

Biasanya, kita kerap melihat motor-motor bergaya seperti itu di kalangan anak motor dengan cewek-cewek ABG berpakaian minim yang kerap dengan istilah cabe-cabean.

Bacaan Lainnya

Ban berukuran kecil tersebut berukuran 200-250. Sekarang ini banyak sekali motor yang menggunakan velg ukuran 17 inci dengan ban kecil berukuran 60/80 dan 70/80, yang disebut ban ukuran 200.

Rudi Prayogo (34 tahun), salah satu staf distributor ban motor ternama di Kabupaten Tangerang mengatakan, bahaya ban kecil ini dilihat dari pinggiran ban yang tidak ada daging bannya, atau berbeda dengan ukuran ban standar atau pun ban tubles.

“Yang membuat celaka terjadi bila pengendara menikung tajam dan tidak bisa mengendalikan tekanan gasnya akibatnya pengendara akan jatuh tergelincir di tikungan tersebut,” kata Rudi saat berbincang dengan radar24news.com, Selasa (23/2/2021).

Baca juga: Berikut Tips Cara Mengatasi Rem Cakram pada Motor

Selain itu, lanjut Rudi, penggunaan ban kecil juga tidak bisa bersahabat bila motor dibawa dengan tarikan gas 70 km/jam ke atas.

“Kenapa demikian karena dengan bentuk ban ringan maka motor akan lepas kendali, seperti bisa dibilang terbang,” ucapnya.

Rudi menyarankan, masayarakat yang memiliki motor agar memakai ban standar karena untuk keselamatan dalam berkendara.

“Sebaiknya gunakan ban dengan standar pabrik yang diterapkan. Motor boleh gaya tetapi keselamatan perlu d perhatikan,” pungkasnya. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *