Update Ribuan Buruh Pabrik di Tangerang Kena PHK, Pemerintah Diminta Bantu

  • Whatsapp
Beberapa buruh pabrik sepatu di Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang berganti shift kerja, Selasa (7/4/2020).

KABUPATEN TANGERANG,RADAR24NEWS.COM-Dampak wabah virus corona atau covid-19, Ribuan buruh di Kabupaten Tangerang kena pemberhentian hubungan kerja (PHK). Bahkan dikabarkan ribuan buruh tersebut tidak mendapatkan uang pesangon oleh perusahaan.

Anggota DPRD Kabupaten Tangerang Ahmad Supriyadi mengatakan, bahwa berdasarkan data dilapangan buruh pabrik yang kena PHK dampak dari mewabahnya virus corona atau covid-19 bukan ratusan. Namun mencapai ribuan buruh pabrik.

“Bukan ratusan lagi (buruh kena PHK red), tapi sudah ribuan,” kata pria yang juga menjabat Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Kabupaten Tangerang ini kepada wartawan, Selasa (7/4/2020).

Baca juga: Kasihan, Ratusan Buruh Pabrik di Jayanti Tangerang Dirumahkan Gara-gara Corona

Banyakanya buruh yang kena PHK tersebut membuat keprihatinan. Untuk itu, Ahmad meminta pemerintah daerah dan pemerintah pusat membantu nasib para buruh atau pekerja dengan membuat aturan yang dapat melindungi para buruh yang kena PHK akibat covid-19.

“Kondisi yang dialami para buruh tentu sangat prihatin, karena tidak semua yang dirumahkan itu dijamin dengan upah 100 persen,” ungkapnya.

Ahmad juga berharap juga kepada DPR RI untuk peduli terhadap kondisi psikologi para buruh. Diantaranya, menghentikan pembahasan Omnibus Law Rancangan Undang-undang Cipta Kerja, karena hal ini sangat menggagu psikologis buruh atau pekerja yang tidak mungkin dapat menerunkan imunitas tubuh para buruh.

“Saya minta DPR RI menghentikan pembahasan Omnibus Law RUU Cipta Kerja, karena hal ini mempengaruhi psikologis para buruh,” pungkasnya. (imron)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *