TKSK Cimarga Lebak Sebut Pendirian E-Warong Usulan Desa

  • Whatsapp
TKSK Cimarga Lebak Sebut Pendirian E-Warong Usulan Desa
Suasana audensi antara LSM AGP, TKSK dan pihak Kecamatan Cimarga, Senin (18/1/2021).

KABUPATEN LEBAK, RADAR24NEWS.COM-Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Cimarga, Kabupaten Lebak Arif menyebutkan, pendirian eloktonik warung gotong royong atau e-Warong untuk menyalurkan program sembako dari Kementerian Sosial (Kemensos) berdasarkan usulan dari pihak desa. Namun demikian, Arif tidak menyebutkan nama desa tersebut.

“Mekanisme awal pembentukan e-Warong itu, berdasarkan usulan dari desa,” kata Arif kepada radar24news.com usai audensi dengan anggota LSM Abdi Gema Perak (AGP) di Kantor Kecamatan Cimarga, Senin (18/1/2021).

Bacaan Lainnya

Baca juga: Sebulan Rampung Diperbaiki, Jalan Bojongleles di Lebak Sudah Rusak

Menurut Arif, pihak desa sebagai koordinasi tingkat desa melihat dimana letak e-Warong, dimana bisa diusulkan. Namun Arif meluruskan ucapannya, bahwa sebetulnya usulan e-Warong bukan oleh pihak desa. Namun oleh pemilik e-warong itu sendiri.

“Jadi dari pemilik e-Warong sendiri yang mengusulkan. Tidak (bukan pihak desa yang menusulkan e-Warong). Jadi hanya berkoordnasi antara pemilik e-Warong dengan pihak desa,” tuturnya.

Arif memastikan, pemilik e-Warong di Kecamatan Cimarga merupakan warga setempat. Terakit isu adanya pemilik e-Warong buka berdomisi di Kecamatan Cimarga itu tidak benar.

“Tidak ada, ada juga memang satu e-Warong sebetulnya berdomisili disana, jadi punya warung disana. Hanya sering menemui orang tua dari istrinya. Jadi diasumsikan tidak berdomisili disana. Padahal KTPnya di Cimarga,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPD LSM AGP Marpausi mengatakan, surat rekoemndasi pendirian e-Warong yang ditandatangani oleh Kepala Desa, TKSK dan Camat tidak ditemukan dalam aturan Pedoman Umum (Pedum) Program Sembako.

“Saya tidak menemukan dalam Pedum program sembako yang memperbolehkan rekomendasi dari kepala desa, TKSK dan camat untuk pendirian e-Warong. Ada juga e-Warong ditunjuk langsung oleh bank penyalur,” singkatnya. (angga)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *