Tips Memotong Bawang Tanpa Bikin Mata Perih

  • Whatsapp
Tips Memotong Bawang Tanpa Bikin Mata Perih
Tips Memotong Bawang Tanpa Bikin Mata Perih

KABUPATEN TANGERANG, RADAR24NEWS.COM-Masakan khas Indonesia kaya akan bumbu, termasuk bawang-bawangan seperti bawang merah. Sebagian orang menghindari untuk memotong bawang karena baunya yang sangat kuat dan akan melekat di jari-jari tangan. Alasan lainnya karena mata akan berair bahkan menangis saat memotongnya.

Ternyata, dalam bawang terdapat molekul yang disebut amino acid sulfoxide. Dan menangis adalah cara tubuh kita untuk mencuci iritasi yang terjadi akibat gas tersebut. Berikut ini ada beberapa tips untuk menghindari menangis saat memotong bawang:

Bacaan Lainnya

Pisau yang Tajam

Mempertajam bisa jadi salah satu cara untuk menghindari Anda menangis saat memotong bawang. Dengan cara ini bawang akan terpotong rapi dan selesai lebih cepat.

Taruh dalam Freezer

Cobalah menempatkan bawang Anda dalam freezer selama beberapa menit sebelum dipotong. Cara ini akan menyebabkan lebih sedikit sulfoxides asam amino yang keluar saat dipotong sehingga menyebabkan Anda hanya mengeluarkan sedikit air mata.

Air

Beberapa orang memotong bawang dalam air untuk mencegah gas yang membuat mata berair.

Wadah Tertutup

Atau cara lain Anda dapat memotongnya sambil dilapisi kain atau wadah tertutup. Bisa juga menggunakan blender agar mempermudah pekerjaan sekaligus mengurangi keluarnya air mata Anda.

Jika semua ini terlambat Anda lakukan dan mata Anda sudah menangis, cobalah rendam tangan Anda pada air dingin. Apapun yang terjadi, jangan sentuh mata Anda. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *