Tak Kunjung Dapat Pekerjaan? Mungkin Ini Penyebabnya

  • Whatsapp
Tak Kunjung Dapat Pekerjaan Mungkin Ini Penyebabnya
Ilustrasi Cari Pekerjaan (net)

KABUPATEN TANGERANG, RADAR24NEWS.COM-Puluhan perusahaan baik swasta dan negeri sudah Anda datangi untuk wawancara kerja, namun panggilan pekerjaan tak kunjung datang. Panik dan stres pun melanda.

Lantas Anda mulai bertanya-tanya apa alasannya tak satupun perusahaan yang tertarik memperkerjakan Anda? Apakah Anda tidak dianggap layak di perusahaannya?

Bacaan Lainnya

Sebenarnya, ada beberapa hal penyebab perusahaan enggan menyewa tenaga Anda, dan salah satunya adalah kesan Anda saat proses wawancara. Berikut sembilan alasan penyebab perusahaan tidak tertarik memperkerjakan Anda versi Cosmopolitan.com dikutip radar24news.com

Anda tidak memberikan jawaban bagus dari pertanyaan mereka

Misalnya saja “Dalam 10 tahun kedepan, bagaimana karir Anda berjalan?. Meskipun pertanyaan itu seolah tak berarti jelas, namun jawaban Anda akan memengaruhi mereka dalam mempertimbangkan Anda.

Anda tidak mencari tahu lebih jauh profil perusahaan itu

Ini sangat simpel namun ternyata bermanfaat. Hal ini juga membuat mereka berpikir Anda serius ingin bekerja di tempat tersebut bukan hanya karena butuh pekerjaan. Dengan kemudahan internet, seharusnya hal ini menjadi hal sederhana yang bisa dilakukan.

Mereka merasa tidak cocok dengan Anda

Untuk yang satu ini cukup sulit untuk dihindarkan. Namun akan lenih baik jika Anda mengetahui penyebab ketidakcocokan itu. Apakah karena kemampuan yang kurang, tidak adanya hasrat yang mereka lihat dari diri Anda. Selanjutnya, hal itu bisa dijadikan pemicu Anda menjadi lebih baik dalam wawancara berikutnya.

Terlihat tidak nyaman

Jika Anda tampak tidak nyaman dan bersemangat saat wawancara kerja,maka mereka akan berpikiran jika Anda akan banyak mengeluh bekerja disana, dan tidak akan menikmati pekerjaan Anda.

Tidak follow up.

Jika mendapatkan pemberitahuan email untuk memenuhi wawancara maka balaslah email tersebut. Dengan ucapan terimakasih saja. Poin ini, bisa membuat mereka berpikir jika Anda ingin pekerjaan itu dan menghargai kesempatan yang diberikan.

Terlalu berpengalaman

Ada kalanya satu perusahaan membutuhkan tenaga baru yang benar-benar fresh graduate atau yang baru dalam bidang tersebut. Pengalaman Anda bertahun-tahun bisa menjadi penghambat Anda menerima pekerjaan, karena alasan kekhawatiran jika Anda akan bosan dengan pekerjaan yanh itu-itu saja.

Tidak mempersiapkan diri

Jika datang ke sebuah wawancara kerja,bawalah semua resume yang Anda miliki. Karena kemungkinan surat itu akan dibutuhkan. Banyak orang yang menganggap surat lamaran yang dikirimkan sebelumnya sudah lebih dari cukup sehingga tidak perlu lagi membawa saat hari wawancara tiba.

Gugup berlebihan

Gugup adalah hal yang wajar. Namun jika kegugupan membuat Anda kehilangan fokus dan tidka bisa menjawab isi wawancara, tentu saja itu akan menghancurkan image Anda.

Tidak bertanya

Umumnya perusahaan menghargai calon pegawai yang bertanya tentang perusahaan mereka. Misalnya tanyakan saja tentang apa yang menarik bekerja disini, atau pertanyaan lain yang membuat mereka merasa Anda penasaran mengetahui lebih dalam tentang iklim kerja disana.

Jadi tipe yang mana kebanyakan anda alami? Ubahlah dari sekarang jika ingin sukses dalam interview selanjutnya. Selamat mencoba. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.