Tak Ada Drainase, Kampung Cibunar Lebak Terendam Banjir

  • Whatsapp
Tak Ada Drainase, Kampung Cibunar Lebak Terendam Banjir
Kondisi Saluran Drainase di Kampung Cibunar, Desa Cibatur Kesik, Kecamatan banjarsari, Kabupaten Lebak.

KABUPATEN LEBAK, RADAR24NEWS.COM-Hujan yang menguyur Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Lebak mengakibatkan belasan rumah di Kampung Cibunar RT 02 RW 01, Desa Cibatur Kesik terendam banjir, Kamis (3/12/2020).

Banjir itu diakibatan, selain luapan sungai juga tidak adanya saluran darainase di Jalan Saketi-Malingping yang merupakan jalan kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten.

Bacaan Lainnya

Salah seorang warga Kampung Cibunar, Desa Ciabtur Keusik Ahdi mengatakan, banjir yang merendam belasan rumah yang terjadi setiap hujan turun diakibatkan tidak adanya drainase di Jalan Raya Saketi-Malingping, tepatnya di Kampung Cibunar, Desa Ciabtur Keusik.

“Rumah saya kalau hujan turun suka banjir pak (Ahdi menyebut wartawan). Itu karena drainasenya disini tidak ada makanya sering banjir,” kata Ahdi kepada wartawan.

Baca juga: Rumah Warga di 7 Desa Kebupaten Lebak Terendam Banjir

Menurutnya, kondisi air banjir di Kampung Cibunar, Desa Ciabtur Keusik hingga masuk kedalam rumah warga. Ahdi menilai, jika ada saluran drainase banjir tidak akan terjadi karena air hujan akan mengalir ke sungai.

“Rumah saya jika turun hujan seringkali sekali kebanjiran sampai ke dalam rumah. Selain tidak adanya drainase jalan disinipun rusak parah,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Cibatur Keusik Suarja membenarkan, di Kampung Cibunar kerap diterjang banjir jika hujan turun. Menurutnya, banjir itu karena karena drainase yang ada di wilayahnya tidak berpungsi.

“Sering sekali terjadi banjir disini karena drainasenya tidak berpungsi. Oleh karena itu, saya berharap DPUPR (Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang_red) untuk membangun draniase agar banjir tidak kembali menerjang,” pungkasnya. (aji)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.