Stok Habis, 117 Jabatan Kepala SDN di Kabupaten Tangerang Kosong

  • Whatsapp
Stok Habis, 117 Jabatan Kepala SDN di Kabupaten Tangerang Kosong
Sekretaris Disdik Kabupaten Tangerang Fahrudin menyebutkan ada 117 jabatan kepala SDN kosong. (mayleen/radar24news)

KABUPATEN TANGERANG, RADAR24NEWS.COM-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang saat ini mengalami krisis kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN). Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tangerang, ada 117 SDN yang terpaksa diisi pelaksana tugas (Plt). Sebagian besar kekosongan jabatan itu lantaran kepala sekolah definitive sudah purna tugas alias pensiun.

Sekretaris Disdik Kabupaten Tangerang Fahrudin mengatakan, penyebab krisisnya jabatan kepala SDN di Kabupaten Tangerang karena stok kepala sekolah habis. Itu setelah ditinggal purna tugas kepala sekolah definitive.

Bacaan Lainnya

“Yang kosong ada 117 SDN, karena kita tidak punya stok kepala sekolah. Jika punya stok, pasti sudah diisi,” kata Fahrudin kepada radar24news.com, Selasa (14/9/2021).

Baca juga: PTM Hari Ke-1 di SMPN 2 Sepatan, Siswi Bingung Cari Ruang Kelas

Menurut Fahrudin, Disdik Kabupaten Tangerang bakal segera melakukan seleksi kepala sekolah untuk menambah stok calon orang nomor satu di SDN nantinya. Sementara sambil proses seleksi berjalan, 117 SDN tersebut dijabat oleh Plt.

“Sekarang kekosongan kepala SDN dijabat Plt, mereka (para Plt Kepala SDN_red) diambil dari sekolah terdekat,” terangnya.

Fahrudin tidak mengelak, kekosongan jabatan kepala SDN mengagu opersional sekolah. Hal itu karena Plt kepala sekolah tidak akan maksimal menjalankan tugasnya. Namun demikian, kekosongan itu dipastikan tidak akan menggagu proses kegiatan belajar mengajar.

“Jelas ada (imbas kepala sekolah dijabat Plt), karena kepala sekolah juga manusia yang memiliki keterbatasan. Jadi kalau kepala sekolah itu mengelola dua sekolah, bahasa sederhannya, potensinya dibagi dua,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Fahrudin berharap ada kebijakan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) agar diperbolehkan Disdik Kabupaten Tangerang mempercepat proses seleksi calon kepala sekolah untuk mengatasi kekosongan jabatan orang nomor satu di SDN.

“Kami akan segera mengirim surat ke Kemdikbudristek, agar proses seleksi calon kepala Sekolah dipercepat. Karena jika terlalu lama, kekosongan jabatan kepala SDN akan terus bertambah,” pungkasnya. (mey/imron)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.