Solusi, Motor Mogok Saat Terabas Banjir

  • Whatsapp
MOGOK : Seorang pengendara sedang mendorong motornya yang mogok saat terabatas banjir di kawasan Cikupa, Kabupaten Tangerang.

TANGERANG, RADAR24NEWS.COM- Intensitas hujan di Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sudah mulai tinggi. Hasilnya, beberapa titik di Tangerang terendam banjir karena kondisi saluran air yang kurang terawatt atau luapan sungai. Tak jarang pengendara roda dua maupun roda empat terjebak dalam situasi ini. Seperti kejadian, Senin (3/1/2020) di kawasan Cikupa, Kabupaten Tangerang banyak kendaraan roda dua yang mati pengendara yang nekat melewati genangan air yang tinggi untuk cepat sampai di tempat tujuan.

Baca Juga : Mahasiswa Asal Papua Terserang Malaria

Seharusnya hindari hal-hal yang riskan saat hujan deras datang. Sebaiknya jangan menerobos genangan air yang tinggi (melebihi ban), dan cari tempat parkir yang aman. Sebab, melihat motornya terendam air setinggi ban. Bisa dipastikan air akan masuk melalui lubang knalpot dan busi sebagai penyuplai kelistrikan akan terganggu.

Namun bila masalah ini terjadi janganlah panik, tetap tenang. Ada solusinya, Dikutip dari laman resmi Wahana selaku diler resmi motor Honda yang bisa dilakukan saat motor Anda mogok. Cari tempat yang aman tak ada genangan air agar bisa leluasa untuk memperbaiki motor dalam keadaan darurat.

Baca Juga : BMKG Prakirakan Tangerang Masih Diterpa Hujan

Selanjutnya periksa busi, sudah pasti basah karena banjir. Sebaiknya lepas busi dengan kunci busi yang ada di box Anda lalu keringkan. Gunakan kick starter tanpa busi menancap pada motor. Lakukan beberapa kali dan setelah itu pasang kembali busi yang sudah dipastikan kering.

Jangan lupa periksa saringan udara karena tidak boleh basah. Lalu pastikan kamu cek filter karburator bila di dalamnya banyak air motor Anda tidak akan bisa nyala karena saluran bensinnya tercampur dengan air. Ini akan menghambat pembakaran di sana.

Baca Juga : Buruh PT SHR Demo Tuntut Jadi Karyawan Tetap

Langkah selanjutnya periksa knalpot, karena sebagai sarana pembuangan gas juga wajib steril dari air. Biasanya kalau si pengendara tiba – tiba ngurangin gas saat di tengah banjir, knalpot akan dengan otomatis menghisap air di sekitarnya. Ini salah satu penyebab yang membuat motor Anda mogok. Bila knlapot kemasukan air lakukan standar tengah motor Anda dan posisikan ujung knalpot lebih rendah dari pangkalnya.

Setelah penyebabnya ketemu, panasin dulu mesin motor Anda, caranya, gunakan kick starter saat kontakmu dalam posisi off. Gunakan manual starter atau kick starter beberapa kali, dan nyalakan kontak motor Anda. Jika mesin motor telah dipicu selama beberapa kali, maka dengan sedikit sentuhan dari kick startermu motor akan menyala kembali.

Baca Juga : Jadi Petinggi King Of The King, ASN Kerawang Ditahan

Meskipun sudah menyala, bukan berarti motor Anda bisa langsung digunakan. Tunggu beberapa menit untuk memastikan motor kembali dalam suhu yang optimal untuk dikendarai. Cara mengetahui motor sudah siap untuk dikendarai biasanya di awal motor hidup, gasnya tidak akan terdengar stabil. Ketika gasnya sudah stabil, Anda bisa langsung berangkat melanjutkan perjalanan. (imron)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *