Soal Pupuk Langka dan Harga Gabah Murah, Ini Kata Distanbun Lebak

  • Whatsapp
Soal Pupuk Langka dan Harga Gabah Murah, Ini Kata Distanbun Lebak
Ilustrasi: Pupuk Bersubsidi

KABUPATEN LEBAK, RADAR24NEWS.COM-Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Lebak menyampaikan terkait masih adanya keluhan petani soal kelangkaan pupuk bersubsidi dan menurunnya harga gabah dipasaran.

Kepala Bidang Produksi Pertanian Distanbun Lebak Irwan Riyadi mengaku belum dapat informasi detail terkait kelangkaan pupuk. Namun, pihaknya sudah menugaskan petugas untuk melakukan pemantauan penyaluran pupuk subsidi di masing- masing Kecamatan.

Bacaan Lainnya

“Karena untuk bulan Maret ini sedang memasuki musim panen. Untuk itu, kita harus lihat kelangkaannya dari sisi apa,” kata Irwan pada radar24news. com, Rabu, (3/3/2021).

Baca juga: 142 Pegawai Rutan Kelas I Tangerang Divaksin Corona

Menurut Irwan, pihak pertanian belum bisa mengambil kesimpulan terkait terjadinya kelangkaan pupuk bersubsidi tersebut. Karena, kata ia, Distanbun harus terjun langsung meninjau kelapangan apakah itu terjadi karena barangnya engga ada atau alokasinya yang kurang.

“Kalo itu karena alokasinya yang kurang, kita akan meminta alokasi tambahan dan itupun belum tentu bisa dipenuhi. Karena disesuaikan dengan kemampuan anggaran pemerintah pusat,” katanya.

Sementara itu, ketika ditanya soal banyak warga yang mengeluh karena harga gabah menurun, kata Irwan, Distanbun Lebak hari ini, Rabu 3 Maret 2021 akan melayangkan surat kepada Bulog dan BUMD.

“Kita akan menyampikan ini ke Bulog dan BUMD Provinsi untuk dapat menyerap gabah petani yang memasuki panen dengan harga yang lebih baik. Karena tentang harga gabah ini memang mekanisme pasar yang berlaku,” pungkasnya. (aji)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.