Simak, 5 Cara Terbaik Agar Percaya Diri Saat Wawancara

  • Whatsapp
Simak, 5 Cara Terbaik Agar Percaya Diri Saat Wawancara
Ilustrasi: Wawancara

JAKARTA, RADAR24NEWS.COM-Wawancara kerja bisa menjadi momen penentu bagi Anda, apakah Anda akan diterima di perusahaan yang Anda inginkan atau justru ditolak. Maka tak heran jika banyak calon pekerja yang merasa gugup saat akan melakukan wawancara kerja.

Dikutip dari berbagai sumber, Minggu (12/9/2021). Berikut cara terbaik untuk terlihat percaya diri adalah melakukan persiapan yang matang sebelum wawancara kerja. Selain itu, coba tips berikut ini agar Anda makin percaya diri.

Bacaan Lainnya

Tapi sebelumnya: Tak Perlu Pusing, Begini Cara Menghadapi Kompetitor Bisnis

1. Bersikap positif

Jika selama ini Anda selalu bersikap keras pada diri sendiri, cobalah ubah cara pandang itu. Sikap positif bisa diperlihatkan lewat cara Anda membicarakan diri sendiri dan menceritakan pencapaian Anda selama ini. Hindari kesan negatif, misalnya menjelek-jelekkan diri sendiri atau justru fokus pada hal negatif yang bisa Anda lakukan.

2. Jelaskan apa yang Anda harapkan

Cara terlihat lebih percaya diri adalah dengan menjelaskan pengharapan Anda. Misalnya, Anda mengharapkan ada peningkatan karir, kemudian ceritakan apa saja yang sudah Anda lakukan selama ini, tanpa terkesan arogan.

3. Berlatihlah sesering mungkin

Persiapan sangat penting dalam wawancara kerja. Tak ada salahnya berlatih melakukan wawancara kerja. Cara ini bisa mempersiapkan Anda akan pertanyaan yang mungkin dilontarkan pewawancara, sekaligus membiasakan diri Anda untuk berbicara dengan rileks.

4. Jangan abaikan kemampuan mendengar

Kemampuan Anda berbicara tentu punya nilai plus di hadapan pewawancara, sama halnya juga kemampuan mendengar. Jangan hanya sibuk memuji diri sendiri, tapi Anda mengabaikan hal-hal yang dibicarakan oleh si pewawancara. Anda juga harus menyerap sebanyak mungkin informasi tentang pekerjaan yang dilamar dan potensi perusahaan.

5. Berjalan dengan percaya diri

Coba atur cara Anda berjalan agar terlihat percaya diri, yaitu dengan berdiri tegak dan jabat tangan dengan mantap. Jangan lupa senyuman yang ramah dan tetap rileks. Hindari membungkukkan diri, karena bisa mengesankan Anda kurang percaya diri. Melipat tangan di depan dada juga bisa mengesankan Anda menutup diri, jadi perhatikan bahasa tubuh Anda. (gus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.