Setahun, Pemkab Lebak Rehab 329 Rumah Kumuh

  • Whatsapp
Setahun, Pemkab Lebak Rehab 329 Rumah Kumuh
Sekretaris Disperkim Kabupaten Lebak Ahmad Hidayat saat diwawancara wartawan di ruangnya, Senin (23/11/2020).

KABUPATEN LEBAK, RADAR24NEWS.COM-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) terus berusaha maksimal untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah di Kabupaten Lebak.

Terabukti setahun ini, Pemkab Lebak sudah merehab 329 rumah kumuh atau Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Bacaan Lainnya

Sekretaris Disperkim Kabupaten Lebak Ahmad Hidayat mengatakan, pihaknya sebetulnya menarget satu ribu rumah kumuh yang mendaptkan rehab. Namun target itu terpaksa tidak tercapai lantaran terdampak virus corona atau Covid-19, dimana sebagian anggaran dialihkan untuk penanganan Covid-19.

“Tahun ini, kita sudah merehab sebanyak 329 rumah kumuh. Sebetulnya, kita menargetkan 1 ribu rumah kumuh mendaptkan rehab pada 2020, tapi sebagian anggaran dialihkan untuk menangani Covid-19,” kata Ahmad kepada wartawan saat ditemui diruangnya, Senin (23/11/2020).

Baca juga: 20 Botol dan Satu Drum Madu Palsu di Musnahkan Masyarakat Baduy

Dalam program RTLH itu, menurut Ahmad, penerima bedah rumah atau penerima manfaat mendapatkan anggaran sebesar 17,5 juta per unit. Angaran itu bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2020.

“Kita berharap, tahun depan penerima bantuan RTLH ini banyak lagi sesuai dengan yang ditargetkan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Ahmad menjelaskan, kreteria warga yang mendapatkan bantuan bedah rumah melalui program RTLH itu adalah berpenghasilan rendah. Selain itu, dalam satu kecamatan harus ada 20 orang yang mengajukan RTLH.

“Pengjuannya, warga mengusulkan ke pemerintah desa dan dilanjutkan ke Disperkim. Tapi minimal ada 20 rumah yang di ajukan. Kalau 1 desa hanya 1 atau 2 unit agak lumayan kerepotan kita mengalokasikannya,” pungkasnya. (aji)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *