Sertifikat Tanah PTSL Milik Warga Raib, Diduga Digadaikan Oknum Perangkat Desa Wirana

  • Whatsapp
Sertifikat Tanah PTSL Milik Warga Raib, Diduga Digadaikan Oknum Perangkat Desa Wirana
Ilustrasi: Sertifikat Tanah.

KABUPATEN SERANG, RADAR24NEWS.COM-Ratusan warga Desa Wirana, Kecamatan Pamarayan, Kabupaten Serang, hingga saat ini belum bernafas lega. Pasalnya, mereka belum menerima Sertifikat Hak Milik (SHM) sebagai bukti kepemilikan sah tanahnya. Padahal, mereka sudah mendaftar program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) 2019 lalu.

Salah seorang warga Desa Wirana, Kecamatan Pamarayan yang minta namanya tidak ditulis mengatakan, 143 warga Desa Wirana hingga saat ini belum menerima sertifikat tanah. Padahal, sertifikat tanah itu program PTSL tahun 2019. Saat ini, warga menuntut pihak desa agar segera menyerahkan sertifikat tanah tersebut.

Bacaan Lainnya

“Ada 143 sertifikat tanah milik warga yang belum diserahkan, Itu sertifikat tanah PTSL 2019. Ya warga sekarang menuntut pihak desa untuk menyearahkanya,” kata dia kepada radar24news.com, Sabtu (16/10/2021).

Baca juga: Bus Rombongan Peziarah Kecelakaan di Tol Tangerang, 1 Tewas

Dia menduga, sertifikat tanah PTSL milik ratusan warga tersebut digadikan atau dijual oleh oknum perangkat desa berinisial UH kepada UY. Namun saat ini, sertifikat tersebut dipegang oleh anaknya berinisial M lantaran UY sudah meninggal dunia.

“Kepala Desa Wirana (Oman_red), sudah berusaha untuk mengambil sertifikat tanah itu kepada anaknya UY yakni M. Tapi yang baru terambil sebayak 107 sertifikat. Sisanya belum terambil,” teranya.

Terpisah, Kepala Desa Wirana Oman membenarkan, dirinya berhasil mengambil sebnyak 107 sertifikat milik warga dari pihak ketiga tersebut. Namun Oman enggan membeberkan kronologis pasti sertifikat PTSL milik warga tersebut bisa berada ditangan orang lain.

“Iya betul pak (menyebut wartawan) setelah saya urus, dan saya upayakan baru sebanyak 107 sertifikat yang saya selamatkan dari pihak ketiga. Untuk lebih jelasnya, besok aja kita ketemu di Kantor Desa Wirana nanti saya jelaskan,” singkatnya.

Hingga berita ini ditayangkan, radar24news.com belum berhasil konfirmasi kepada perangkat desa berinisial UH. Beberapa kali dihubungi, teleponnya dalam kondisi tidak aktif. Begitupun didatangi ke Kantor Desa Wirana, UH tidak ada di kantor. (angga/imron)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.