Sedang Mencari Lowongan Kerja? Berikut Tips Menulis CV Agar Menarik

  • Whatsapp
Sedang Mencari Lowongan Kerja Berikut Tips Menulis CV Agar Menarik
Ilustrasi: Membuat CV atau Curriculum Vitae.

JAKARTA, RADAR24NEWS.COM-Saat sedang mencari lowongan pekerjaan, isi CV atau Curriculum Vitae memegang peranan penting. Coba simak dulu beberapa tips menulis CV agar terlihat menarik di mata perekrut seperti dilansir dari laman iVillage, Rabu (18/8/2021).

Baca juga Empat Menu Sehat, Dari Ubi Hingga Sandwich Pisang

Bacaan Lainnya

Tetap sederhana

Jangan masukkan terlalu banyak informasi yang tidak relevan, karena bisa membuat CV Anda terlihat terlalu rumit untuk dibaca. Usahakan agar tampilan CV tetap sederhana dengan penekanan pada info-info yang terpenting.

Berpikirlah layaknya seorang perekrut

Perekrut atau headhunter biasanya membaca tumpukan CV untuk memenuhi lowongan yang tersedia. Karena banyaknya calon pegawai dan terbatasnya lowongan, biasanya mereka hanya membaca sekilas serta langsung mencari informasi penting dalam CV. Karena itu, coba buat CV Anda tetap ringkas namun padat, lalu bikin informasi atau kata kunci yang terlihat lebih menonjol untuk lowongan yang dituju.

CV tidak langsung membuat Anda diterima bekerja

CV tidak akan menjadi satu-satunya pertimbangan agar Anda diterima dalam pekerjaan. Cara yang paling penting adalah mengombinasikan CV yang menarik dengan koneksi. Gunakan jaringan kerja untuk meningkatkan kemungkinan diterima atau menemukan lowongan yang sesuai, ketimbang menyebarkan CV sebanyak-banyaknya ke orang asing hanya karena melihat iklan lowongan di surat kabar.

Jangan melamar dengan CV yang sama

Jangan selalu melamar pekerjaan yang berbeda dengan CV yang sama. Kadang Anda harus menyesuaikan CV dengan pekerjaan yang dilamar, terutama untuk menonjolkan informasi yang lebih cocok dengan pekerjaan tersebut. Misalnya, Anda melamar posisi marketing, maka tonjolkan pengalaman seputar bidang tersebut, termasuk pengalaman presentasi, negosiasi, dan jaringan kerja yang dimiliki. Tentunya CV untuk melamar bagian marketing harus Anda bedakan saat melamar posisi humas atau jurnalis. (mey/imron)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.