Sebelum KBM Tatap Mukan Dibuka, Dindik Bakal Test Swab Guru

  • Whatsapp
Ilustrasi.

KOTA SERANG, RADAR24NEWS.COM-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten berencana melakukan uji usap atau swab bagi para guru SMA dan SMK.

Hal itu sebagai upaya pencegahan Covid-19 sebelum proses kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka dilaksanakan.

Bacaan Lainnya

Kepala Dindikbud Provinsi Banten Tabrani mengaku, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten untuk melakukan swab.

“Saya akan koordinasi dengan Satgas (satuan tugas) Covid-19, saya kana koordinasi dengan Dinkes. Apakah (bisa) ada swab buat guru,” kata Tabrani.

Baca juga: DPRD Sebut Belum Dengar BLT Corona Pemprov Banten Cair

Saat ditanya apakah ada guru-guru SMA dan SMK yang sudah melakukan swab, Tabrani mengungkapkan, hingga kini pihakanya belum mendapatkan informasi.

“Belum ada (swab) guru,” ujarnya.

Saat disinggung jika dalam praktiknya ditemukan adanya siswa atau guru yang terapapar Covid-19, Tabrani menilai, jika masa kejadian luar biasa (KLB) belum dicabut hal itu merupakan tanggungjawab pemerintah. Selain itu, pihaknya juga akan melakukan evaluasi.

“Kalau dalam perjalanannya ada kasus, itu akan kami evaluasi. Kalau ditanya siapa yang bertanggungjawab, selama KLB belum dicabut itu merupakan tanggungjawab pemerintah,” katanya.

Menurutnya, KBM tatap muka merupakan kebijakan pemerintah.

“Persetujuan sekolah tatap muka, pihak sekolah tak perlu izin orang tua, (karena) itu kebijakan pemerintah. Dan kalaupun ada orang tua yang keberatan (sekolah) tatap muka, boleh-boleh saja. Orang tua tidak setuju nanti akan kami komunikasikan kepada pihak sekolah,” ujarnya. (den)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *