Ribuan Siswa Tak Tertampung SMP Negeri di Kota Tangerang

Ribuan Siswa Tak Tertampung SMP Negeri di Kota Tangerang
Ilustrasi: Siswa SMP Negeri (dok)

KOTA TANGERANG, RADAR24NEWS.COM-Ribuan siswa lulusan sekolah dasar (SD) di Kota Tangerang terancam tak tertampung di Sekolah Menegah Pertama (SMP) Negeri. Pasalnya, jumlah SMP Negeri tidak sebanding dengan siswa yang lulus.

Menanggapi hal ini, Ketua Komisi II DPRD Kota Tangerang Saeroji meminta, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang untuk melakukan kajian untuk penambahan unit SMP Negeri.

Bacaan Lainnya

“Pemkot Tangerang harus segera menambahnya (SMP Negeri),” kata Saeroji kepada radar24news.com melalui telepon, Jumat (11/6/2021).

Baca juga: Gagal Menyalip, Pengendara Motor Tewas Dilindas Truk Tanah di Solear

Berdasarkan data dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menurut Saeroji, saat ini jumlah SMPN Negeri di Kota Tangerang hanya terdapat 36 unit. Sementara jumlah SD mencapai 339 unit. Artinya jumlah lulusan SD lebih banyak dibandingkan dengan ketersedian SMP Negeri.

“Jika ini dibiarkan, karena khawatir siswa kurang mampu tidak bisa bersekolah di SMP Negeri,” ujarnya.

Saeroji menambahakan, persoalan minimnya SMP Negeri di Kota Tangerang ini akan mempengaruhi terhadap proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) melalui jalur zonasi. Sebab, calon peserta didik yang mendaftar akan dihitung dari jarak terdekat sekolah.

“PPDB melalui sistem zonasi bisa ada maslah, apalagi tahun lalu juga sudah banyak bermasalah. Karena Ada daerah yang tidak masuk ke zonasi,” pungkasnya. (mg-agis/imron)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.