Revisi Perbup Lebak, Penghitungan Suara Pilkades Dibatasi 30 Menit di TPS

  • Whatsapp
Revisi Perbup Lebak, Penghitungan Suara Pilkades Dibatasi 30 Menit di TPS
Ilustrasi: salah satu desa di Kabupaten Lebak saat menggelar Pilkades. (Dokumen radar24news).

KABUPATEN LEBAK, RADAR24NEWS.COM-Jelang pemungutan suara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang dilaksanakan di 265 Desa, Kabupaten Lebak, Minggu (24/10/2021) mendatang. Pemerintah Kabupaten Lebak mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 47 tahun 2021 tentang Perubahan Kelima Atas Peraturan Bupati Lebak Nomor 7 tahun 2015 tentang Tata Cara Pemilihan Kepala Desa serentak tertanggal 19 Oktober 2021.

Revisi peraturan yang langsung ditandatangani Bupati Lebak, Iti Ocatvia Jayabaya diantaranya berbunyi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Hal tersebut tertulis di Pasal 75A point a. Sementara di ayat 2 di pasal ini dituliskan, KPPS melakukan penghitungan surat suara paling lama 30 menit, sejak penutupan pelaksanaan pemungutan suara.

Bacaan Lainnya

Asisten Daerah (Asda) 1 Bidang Pemerintahan Setda Lebak, Alkadri membenarkan, penghitungan suara Pilkades serentak 2021 di lakukan di TPS dan dibtasi 30 menit. Menurutnya, hal itu tertulis dalam revisi Perbup.

“Sudah ada peraturan bupatinya pak (menyebut wartawan), bahwa pemungutan dan penghitungan suara dilakukan di TPS,” kata Alkadri saat dikonfirmasi melalui telepon, Kamis (21/10/2021).

Baca juga: Menegok Pesona Goa Lalay Sawarna Lebak, Bikin Takjub

Alkadri menambahkan, revisi Perbup Bupati itu sudah dibagikan kepada seluruh panitia Pilkades melalui pihak kecamatan. Oleh karena itu, Alkadri mengklaim, seluruh panita Pilkades sudah mengetahui aturan perubahan tersebut.

“Sudah (Revisi Perbup Lebak dibagikan), melalui pihak kecamatan,” pungkasnya.

Sekedar informasi, sebanyak 265 desa di 28 Kecamatan di Kabupaten Lebak akan menggelar Pilkades. Pesta demokrasi tingakat desa akan digelar pada 24 Oktober 2021. (angga)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.