Realisasi Retribusi IMB di Kabupaten Lebak Over Target

  • Whatsapp
Pegawai DPMPTSP Kabupaten Lebak mendatangi pengembang perumahan yang diketahui belum memiliki IMB, beberapa bulan lalu. (dokumen)

KABUPATEN LEBAK,RADAR24NEWS.COM-Realisasi retribusi izin mendirikan bangunan (IMB) di Kabupaten Lebak sudah mencapai Rp 4,7 miliar hingga Juli 2020. Angka tersebut sudah melampaui target dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak yang menarget retribusi IMB masuk hanya Rp 2,25 miliar pada tahun ini.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Lebak Yosep Muhamad Holis mengatakan, pandemi virus corona atau Covid-19 yang melanda dunia yang mempengaruh terhadap perekonomian dan invesatasi tidak berpengaruh terhadap retribusi IMB di Kabupaten Lebak.

Bacaan Lainnya

Sebab, berdasarkan data yang ada di DMPTSP Kabupaten Lebak, target retribusi IMB sudah melampaui target yang ditentukan oleh Pemkab Lebak.

“Hingga bulan Juli, retribusi IMB sudah masuk Rp 4,7 miliar. Total pemasukan itu sudah melampaui target yang sudah ditentukan Pemkab Lebak sebesar Rp 2,25 miliar,” kata Holis kepada wartawan, Sabtu (1/8/2020).

Menurut Holis, ada beberapa faktor yang mempengaruhi sehingga retribusi IMB itu sudah melampaui target. Diantarnya, memberikan sanksi tegas kepada pemilik tempat usaha yang diketahui belum memiliki IMB. Tidakan tegas itu, lanjt Holis, dengan melakukan penyegela tempat usaha tersebut. Namun sebelumnya melakukan penyegelan, pihaknya sudah melayangkan surat teguran pertama hingga ketiga.

“Penyegelan tempat usaha yang diketahui belum punya IMB tentu berdasarkan payung hukum yang ada. Tentunya tidak langsung kami lakukan penyegelan, tentu kami beri teguran terlebih dahulu,” pungkasnya. (yuda)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *