PSBB, MUI Kota Tangerang Serukan Ibadah Ramadhan di Rumah

  • Whatsapp
Gedung MUI Kota Tangerang.

KOTA TANGERANG,RADAR24NEWS.COM-Wabah coronavirus disease 2019 atau Covid-19 di Kota Tangerang belum berakhir. Bahkan, Pemkot Tangerang sudah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada Sabtu (18/4/2020) hingga dua pekan depan.

Untuk itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang meminta masyarakat tetap beribadah dengan khusyuk, meskipun dalam penerapan PSBB.

Diketahui, bulan suci ramadan dalam kalender masehi jatuh pada 23 April mendatang, sementara PSBB berlangsung hingga 3 Mei, bisa saja diperpanjang jika belum menunjukkan penurunan jumlah kasus penyebaran Covid-19.

Wakil Sekretaris MUI Kota Tangerang Sadjiran Tarmizi mengatakan, MUI Kota Tangerang sudah mengeluarkan surat edaran (SE) bernomor: C55/XI-05/SE/IV/2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah Dalam Situasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam rangka percepatan penanangan Covid-19 di Kota Tangerang.

“Selaras dengan Pemberlakuan status zona merah dan PSBB. Seluruh sholat yang berjamaah di tiadakan atau di tutup,” ujar Wakil Sekretaris MUI Kota Tangerang Sadjiran Tarmizi kepada wartawan melalui telepon, Selasa (21/4/2020).

Baca juga: PSBB di Kota Tangerang, Masih Banyak Restoran melanggar Jam Operasional

Sadjiran mengatakan, hal itu sesuai dengan Fatwa MUI Pusat No 14 Tahun 2020 No 3 point a, dimana suatu kawasan yang potensi penularannya tinggi atau sangat tinggi berdasarkan ketetapan pihak yang berwenang.

“Oleh sebab itu, maka ia boleh meninggalkan sholat jumat dan menggantikannya dengan sholat Dzuhur di tempat kediaman serta meninggalkan jamaah sholat lima waktu atau Rawatib, Taraweh dan ‘Ied di Masjid atau tempat umum dan sebagainya,” katanya.

Meski demikian, untuk mendukung penuh langkah pemerintah Kota Tangerang diberlakukannya PSBB di Kota yang berjuluk seribu industri sejuta jasa tersebut.

Didalam surat edaran tersebut selama penghentian sementara kegiatan keagamaan di rumah ibadah dan atau di tempat tertentu, kegiatan penanda masuk waktu sholat, seperti adzan dilaksanakan seperti biasa.

Tentunya, mengutamakan kemaslahatan bersama dan menghindari kemudhorotan yanglebih besar terkait penyebaran COVID-19 di Kota Tangerang.

“Meningkatkan ibadah-ibadah sunnahdengan memperbanyak do’a tolak bala, istighfar, shodaqoh, membaca Al-Qur’an, dan Qunut Nazilah,” pungkasnya. (hendra setiawan/imron)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *