Polisi Ringkus Pelaku Vandalisme “Sudah Krisis Saatnya Membakar”

  • Whatsapp
Anggota Polsek Tangerang dan Koramil Tangerang mengecek sebuah tulisan vandalisme yang memprovokasi untuk melakukan kericuhan ditengah pandemi virus Covid-19, Jumat (10/4/2020).

KOTA TANGERANG,RADAR24NEWS.COM-Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Metro Tangerang Kota meringkus pelaku vandalisme yang memprovokasi kerusuhan terkait virus Covid-19 di kawasan Pasar Anyar, Kota Tangerang. Pelakunya berinisial R dan CS diringkus di sebuah kafe yang sama ketika melancarkan aksinya.

Kasubag Humas Polres Metro Tangerang Kota Kompol Abdul Rachim mengatakan, kedua pelaku melakukan vandalisme di empat lokasi berbeda yakni di empat toko kawasan Pasar Anyar, kantor Bank BCA Kawasan pasar lama, Jalan Kali Pasir dan kantor Bank BRI Jalan Imam Bonjol.

“Kedua pelaku berhasil kami amankan pada Jumat (10/4). Setelah pada Kamis (9/4) malamnya melakukan aksi di empat TKP berbeda,” kata Rachim saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (10/4/2020).

Baca juga: Polres Metro Tangerang dan Pemkot Tangerang Canangkan Zona Integritas

Sementara di kawasan Pasar Anyar, kedua pelaki mencoret dinding toko dengan tulisam “Sudah krisis saatnya membakar”.

Rochim menjabarkan, di kator Bank BCA kawasan Pasar Lama kedua pelaku menulis “kill the rich” serta menulis lambang huruf “A”.

Masih dimalam yang sama kedua pelaku melanjutkan aksinya ke Jalan Kali Pasir dan mencoret-coret dengan tulisan “mati konyol, apa mati melawan” di dinding pinggir jalan.

Selanjutnya kedua pelaku kembali mencoret kantor Bank BRI dengan mencoret dinding bank “kill the rich”.

“Selanjutnya R dan CS kembali menuju kafe egaliter (TKP penangkapan-red) namun pada saat di Jalan Imam Bonjol pelaku membuang pilox yang telah digunakan untuk mecoret-coret,” jelasnya.

Menurut Rochim, kedua pelaku merencanakan aksinya dengan bermodalkan pilok, dan kertas ceplak dan sepeda motor.

Rochim menyatakan, penyidik masih mendalami kasus ini, sehingga pihaknya belum dapat memastikan motif kedua pelaku melakukan aksi vandalisme.

“Masih penyelidikan, nanti perkemnangan selanjutnya akan diinfokan,” jelasnya.

Rochim menambahkan, kedua pelaku dikenakan pasal tindak pidana berita bohong dan menghasut sebagaimana dimaksud dalam pasal 160 KUHP dan atau pasal 14 dan atau pasal 15 UU RI nomor 1 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

“Kedua pelaku sudah mendekam di sel Polres Metro Tangerang Kota,” pungkasnya. (hendra Setiawan/imron)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *