Pengelola Terminal Poris Plawad Tes GeNose Penumpang Bus, Jelang Larangan Mudik 2021

  • Whatsapp
larangan mudik lebaran
Suasana Stasiun Poris Plawad

KOTA TANGERANG, RADAR24NEWS.COM– Menjelang H-1 atau satu hari sebelum pemberlakuan larangan mudik 6-17 Mei 2021, Pengelola Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang, melakukan pemeriksaan tes GeNose C19 kepada para penumpang bus secara acak.

Pantauan radar24news.com, kondisi terminal hari ini memang ramai, terlihat para pemudik yang berbondong-bondong menuju bus dengan jurusan Malang, Palembang, dan Wonosobo. Bahkan, pemudik yang memesan tiket untuk keberangkatan di sore hari pun banyak.

Mengantisifasi hal ini, Kepala Terminal Poris Plawad Alwien Athena Alwie menyatakan, pihaknya memeriksa secara acak sebanyak 273 pemudik pada Rabu  (5/5/2021).

“Iya, tes GeNose C19 secara acak dan gratis. Kemarin kurang lebih ada 273 orang. Kalau hari ini insyaallah akan lebih banyak,” ungkap pria yang akrab disapa Alwien kepada radar24news.

Alwien menyatakan, dari 273 pemudik yang menjalani tes GeNose C19, tidak ada satu penumpang pun yang hasil tesnya positif. Tetapi, lanjut Alwien, mulanya ada sekitar tiga penumpang yang hasilnya positif.

“Tapi pas dicek ulang, hasilnya negatif. Mungkin karena dia masih puasa atau gimana ya. Alhamdulillah semua akhirnya negatif,” paparnya.

Baca juga: Komunitas Motor Red Ninja Kota Tangerang Buka Bersama Anak Yatim

Lebih jauh, Alwien mengatakan, pemeriksaan pemudik melalui tes GeNose C19 ini sudah dilakukan sejak Minggu (2/5/2021) dan berlanjut sampai hari ini.

“Hari pertama, tanggal dua mei itu ada kurang lebih 150 pemudik yang melalui tes GeNose di Terminal Poris, dan salah satunya positif, akhirnya kami panggil pihak Perusahaan Otobus-nya (PO) untuk mengembalikan uang dan menunda keberangkatan. Tetapi, di hari kedua tanggal tiga mei itu ada kurang lebih 224 pemudik yang melalui tes dan alhamdulillah negatif hasilnya,” jelas Alwien.

Alwien menambahkan, tidak ada satu pun penumpang yang menolak saat diminta untuk lakukan tes menggunakan GeNose-19. Hal ini karena, para pemudik juga menyadari tes skrinning covid-19 memang diperlukan sebelum mudik.

“Alhamdulillah nggak ada yang nolak, para pemudik sadar jika tes GeNose C19 itu penting. Bahkan, beberapa pemudik lain ada yang sudah membawa surat tes antigen,” pungkasnya. (mg-Alvi Lutfiah Agisni/imron)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.