Pendataan Warga Terdampak Covid-19 Rampung, 90 Ribu Warga Terdata

  • Whatsapp
Ilustrasi.

KOTA TANGERANG,RADAR24NEWS.COM-Pendataan bagi warga terdampak Covid-19 di Kota Tangerang sebagai penerima dana bantuan telah dirampungkan. Data tersebut nantinya akan  diserahkan oleh Dinas Sosial ke Walikota Tangerang untuk ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK).

Mengenai jumlah penerima bantuan Pemerintah Kota Tangerang tidak membatasi kuotanya. Hingga saat ini Disos mencatat ada 90 ribu warga yang bakal menerima bantuan dari Pemerintah Kota.

Kepal Bidang Pemberdayaan Sosila Dinsos Kota Tangerang Eep Ruli Hasan mengatakan warga yang benar-benar terdampak Covid-19 akan mendapat bantuan. Input data warga yang terdampak masih dalam proses. Namun, proses pendataannya telah ditutup sejak, Jumat, (17/4) lalu.

“Namun, saat ini kita sudah tutup data dan tidak bisa menambah lagi,” kata Eep kepada wartawan, Senin (20/4/2020).

Baca juga: Volume Kendaraan di Jalan Perbatasan Jakarta-Tangerang Lengang

Data tersebut diperoleh berdasarkan kriterian yang ditetapkan, seperti pendapatan masyarakat yang menurun drastis selama Covid-19 mewabah.

Serta dilakukan oleh Petugas Sosial Mandiri (PSM) yang langsung turun ke masyarakat melalui Rukun RT dan (RW). Untuk tahap pendataan, dia menerangkan bahwa Dinsos sudah membuka tahap pendataan sebanyak tiga kali sejak bulan Maret lalu.

Kendati bantuan yang akan diberikan nantinya masih belum diketahui apakah berbentuk uang tunai ataupun sembako.

“Kita masih tunggu keputusan wali kota, sementara tugas kita hanya mendata saja,” ujarnya.

Eep juga menjelaskan data untuk penerima bantuan Covid-19 ini adalah data yang segar, berbeda dengan data bantuan sosial lainnya seperti halnya Program Nasional pada Program Keluarga Harapan (PKH) ataupun Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

“Kami lakukan pendataan ulang, agar bagi masyarakat yang sudah menerima bantuan Program Nasional tersebut tidak terdata di bantuan Covid-19. Jadi tidak ada yang mendapat dobel,” pungkasnya. (hendra setiawan/imron)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *