Pemkab Tangerang Data Penerima Bantuan Terdampak Corona, Tapi Jumlah Sudah Ada

  • Whatsapp
Ayo lapor ke radar24news.com

KABUPATEN TANGERANG, RADAR24NEWS.COM-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang sedang melakukan pendataan penerima bantuan dampak virus corona atau covid-19. Namun demikian, jumlah yang akan menerima bantuan melalui Jaring Pengaman Sosial (JPS) tersebut sudag ada, yakni sebanyak 83.333 kepala keluarga (KK).

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tangerang Ujat Sudarjat mengatakan, bantuan tersebut akan diberikan selama tiga bulan kepada 83.333 KK. Jumlah data itu harus disiapkan nama dan alamatnya. Sebagai catatan bahwa calon penerima bantuan ini tidak boleh yang sudah mendapatkan bantuan melalui Program Keluarga Harapan (PHK), maupun program bantuan lainnya.

“Anggaran yang disiapkan oleh Pemkab hanya untuk tiga bulan ini. tapi mudah-mudana selama tiga bulan ini pedemi corona sudah selesai,” kata Ujat, Selasa (14/4/2020).

Disamping dana bantuan dari Pemkab Tangerang, lanjut Ujat, pemerintah desa berdasarkan petunjuk Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDT) harus menganggarkan untuk dana JPS tersebut.

“Kemarin, sudah dihitung bersama DPMPD (Dinas Pemberdayaan dan Pemerintahan Desa_red) ada dikisaran Rp 500 juta per desa. Jika per desa ada Rp 500 juta, totalnya Rp 123 Miliar dana yang bisa dialokasikan untuk JPS,” ujarnya.

Biasanya, lanjut Ujat, setiap ada bantuan dari pemerintah semua masyarakat ingin mendapatkannya. Namun itu suatu yang mustahil, karena dibatasai oleh kemampuan anggaran. Hal itu nanti dikembalikan kepada orang yang mendata dilapangan, apa warga itu layak atau tidak mendapatkan bantuan ini.

“Saat ini, warga yang akan mendapatkan JPS sedang didata. Dalam pendataan, ketua Rt nanti akan didamping oleh teman-teman pendamping PKH, Desa dan Kecamatan,” pungkasnya. (imron)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *