Pemkab Lebak Lempar Tangung Jawab Perbaikan Jalan Cibayawak-Sawarna

  • Whatsapp
Pemkab Lebak Lempar Tangung Jawab Perbaikan Jalan Cibayawak-Sawarna
Sejumlah warga menggelar unjuk rasa untuk menyampikan aspirasi agar Jalan Cibayawak-Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak diperbaiki, beberapa hari lalu. (dokumen)

KABUPATEN LEBAK, RADAR24NEWS.COM-Fakta kerusakan Jalan Raya Cibayawak-Sawarna di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak tidak juga membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak tergerak untuk melakukan perbaikan. Padahal, jalan tersebut merupakan kewengan Kabupaten Lebak.

Aktivis Pemuda Kecamatan Malingping, Yana Mulyana mengaku, heran terhadap Pemkab Lebak yang dinilai membiarkan kerusakan Jalan Cibayawak-Sawarna. Padahal jalan tesebut akses utama menuju beberapa obyek wisata pantai di Kabupaten Lebak.

Bacaan Lainnya

Selain itu, Yana juga mengaku heran, beberapa warga mendesak PT Cemindo Gemilang untuk memperbaiki jalan tersebut. Padahal, jalan itu merupakan milik dan kewenangan Pemkab Lebak. Artinya, hanya Pemkab Lebak yang berkewajiban untuk memperbaiki, bukan pihak swasta. Meskipun jalan tersebut diduga rusak akibat aktivitas dari PT Cemindo Gemilang.

“Saya heran, kenapa Pemkab Lebak membiarkan aspirasi warga untuk mendesak perbaikan Jalan Cibayawak-Sawarna ke PT Cemindo Gemilang. Padahal jalan itu kewenangan Pemkab Lebak. Jadi harusnya warga menyampaikan aspirasi ke Pemkab Lebak, bukan ke PT Cemindo Gemilang,” kata pria asal Kecamatan Malingping yang saat menimba ilmu di Kota Tangerang kepada radar24news.com, Kamis (21/1/2021).

Baca juga: Di Kabupaten Lebak, Mantan Napi Korupsi Jadi Dewas PDAM TM

Menurut Yana, Pemkab Lebak melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) untuk memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa Jalan Cibayawak-Sawarna merupakan kewenangan Pemkab Lebak. Selain itu, Yana juga mendesak, DPUPR Kabupaten Lebak segera memperbaiki jalan tersebut agar mobilitas masyarakat tidak terhambat.

“Bagimana visi Kabupaten Lebak bisa terhujud, jika Jalan menuju tempat wisata saja rusak. Untuk itu saya meminta Pemkab Lebak segera memperbaiki jalan tersebut,” tuturnya.

Terpisah, Kepala DPUPR Kabupaten Lebak Maman SP membenarkan, Jalan Cibayawak-Sawarna yang rusak itu milik dan kewenangan Pemkab Lebak. Maman SP juga mengetahui, sejumlah warga Kecamatan Bayah menyampaikan aspirasi kerusakan jalan tersebut ke PT Cemindo Gemilang.

“Jalan Cibayawak-Sawarna kewenangan Kabupaten,” kata Maman SP saat dikonfirmasi radar24news.com melalui pesan WhatsApp.

Namun Sayang, Maman SP tidak menjawab pertayaan bahwa Pemkab Lebak menyerahkan perbaikan Jalan Cibayawak-Sawarna ke PT Cemindo Gemilang. Maman SP hanya mengirimkan pesan ulang dari salah seorang tokoh masyarakat Kecamatan Bayah.

“Itu (pesan WhatsApp) dari A Erwin mantan dewan dan mantan kades sawarna,” pungkasnya. (aji/imron)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *