Pemkab-Kemendagri Beda Data Dana Penanganan Covid-19 di Tangerangkab, Mana yang Accountable?

  • Whatsapp
Ilustrasi

KABUPATEN TANGERANG,RADARNEWS.COM-Perbedaan data soal total anggaran penanganan virus corona atau covid-19 di Kabupaten Tangerang (Tangerangkab) menjadi sorotan anggota DPRD Kabupaten Tangerang. Sebab, Bupati Tangerang meyebutkan dana penaganan covid-19 di Kabupaten Tangerang mencapai Rp 250 miliar.

Sementara Direktorat Jendral (Dirjen) Bina Keungan Derah pada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Mochamad Ardian Noervianto meyebut sudah mendapakan laporan Pemkab Tangerang melaporkan dana penanganan covid19 Rp 241,2 miliar.

“Kemarin Sekda (Sekretaris Derah_red) Kabupaten Tangerang menyampiakan ke DPRD Kabupaten Tangerang dana penanganan covid-19 mencapai Rp 253,8 miliar. Jadi mana yang accountable,” kata Ahmad Supriyadi saat menghubungi radar24news.com, Rabu (15/4/2020).

Perbedaan data anggaran penanganan covid-19 di Kabupaten Tangerang tersebut, lanjut Ahmad, membuat aneh. Untuk itu, dia mengingatkan Pemkab Tangerang untuk tidak menggunakan anggaran penanganan covid-19 secara menyimpang.

“Aneh ya, jangan sampai ekeskutif menggunakan dana penanganan covid019 secara menyimpang,” ujarnya.

Selain perbedaan data anggaran penanganan covid-19 yang membuat aneh, Supriyadi juga menyoroti dana Jaring Pengaman sosial (JPS). Sebab, fakta dilapangan banyak warga yang merasa tidak terpilih.

“Ini dapat memicu kerawanan sosial. Saya mengingatkan ke Pemkab Tangerang untuk hati-hati menggunakan dana penangana covid-19,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, Pemkab Tangerang menyiapkan anggaran Rp 150 miliar untuk dana JPS selama 3 bulan. Kemudian Rp 99 miliar untuk penanganan pasien-pasien covid-19.

“Jadi total 250 miliar,” kata Zaki saat telekonferensi dengan sejumlah wartawan, Senin (13/4/2020).

Pernyataan Zaki tersebut dibantah oleh Dirjen Bina Keungan Derah pada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Mochamad Ardian Noervianto. Dia menyebut sudah mendapakan laporan Pemkab Tangerang.

“Pemkab Tangerang melaporkan dana penanganan covid19 Rp 241,2 miliar,” kata Ardian saat dikonfirmasi. (imron)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *