Pemdes Diminta Segera Bentuk Desa Siaga Covid-19 di Kabupaten Lebak

  • Whatsapp
Kepala DPMD Kabupaten Lebak Babay Imroni mengelar rapat Komisi I DPRD Kabupaten Lebak.

KABUPATEN LEBAK, RADAR24NEWS.COM-Pemerintah Desa (Pemdes) Diminta segera membentuk Satuan Tugas (Satgas) Desa siga penanganan virus corona atau covid-19. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMPD) Kabupaten Lebak Babay Imroni.

Pertayaan Babay tersebut merespon desakan Komisi I DPRD Kabupaten Lebak agar Pemdes membentuk desa siaga covid-19.

“Pembentukan desa siaga covid-19 sudah disampikan ke Pemdes se-kabupaten Lebak. Tinggal Desa harus melaksanakan Musdes (Musyawarah Desa_red) kembali,” kata Babay saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (22/4/2020).

Baca juga: DPRD Desak Pemkab Lebak Bentuk Desa Siaga Covid-19

Terkait anggaran penanganan covid-19 di Desa, Babay menuturkan, berkenaan realokasi anggaran Dana Desa untuk covid-19 ada beberapa dasar hukumnya.

“Diambil bukan dari ADD (Anggaran Dana Desa_red), tapi dari DD (Dana Desa_red), karena kalau ADD cukup hanya gaji perangkat desa. Setiap desa realokasi anggaran berbeda, perolehannya Rp 800 juta maksimal 25 persen, DD Rp 1,2 miliar itu 30 persen dan diatas Rp 1,2 miliar itu Rp 35 persen,” paparnya.

Kemudian, lanjut Babay, keperuntukan Bantuan Langsung Tunai BLT sebesar Rp 600 ribu per Kepala Keluarga (KK). Dengan alokasi anggaran diberikan untuk tiga bulan.

“BLT diberikan ketika bantuan dari Pusat, provinsi dan APBD sudah tidak dapat mengkapernya. Aturan pemerintah pusat per KK Rp 600 ribu dan uangnya sudah masuk ke kas desa,” pungkasnya. (yud/imron)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *