Pemda Wajib Berikan Penguatan Modal Pelaku UMKM Terdampak Corona

  • Whatsapp
Ayo lapor ke radar24news.com

KABUPATEN TANGERANG,RADAR24NEWS.COMPemerintah Daerah (Pemda) diintruksikan melakukan percepatan pengutamaan penggunaan anggaran untuk penguatan dampak ekonomi. Diantaranya, pemberian stimulus berupa penguatan modal kepada pelaku UMKM dan Mikro yang terkena dampak ekonomi akibat covid-19.

Hal tersebut tercantum dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 1 tahun 2020 Tentang Pencegahaan Penyebaran dan Percepatan Penanganan Covid-19 di Lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) dengan memperhatikan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020 tentang Refocusing kegiatan, Relokasi Anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa Dalam Percepatan Penanganan Covid-19.

“Jika Pelaku UMKM kondisinya memburuk akibat covid-19, jadi wajib Pemda memberikan penguatan modal bang (meyebut wartawan_red), karena bantuan modal UMKM ibarat memberi ‘pancing’. Sedangkan memberikan bantuan sosial atau Bansos ibarat memberi ‘umpan’,” kata Direktorat Jendral (Dirjen) Bina Keuangan Daerah pada Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) Mochammad Ardian Noervianto kepada radar24news.com melalui telepon, Kamis (16/4/2020).

Baca juga: Pemkab-Kemendagri Beda Data Dana Penanganan Covid-19 di Tangerangkab, Mana yang Accountable?

lanjut pria yang akrab dipanggil Ardian ini, pemberian modal tersebut agar pelaku UMKM dan Mikro tidak stagnan atau bangkrut akibat pendemi corona.

“Jadi jangan sampe UMKM stagnan atau bahkan bangkrut. Mereka bisa dikasih modal oleh Pemda untuk mencover bidang usahanya,” pungkasnya. (imron)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *