Pelanggar PSBB di Lebak Capai 1.886 orang, Terkumpul Denda Rp24 Juta

  • Whatsapp
Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Penegakan Peraturan Daerah pada Satpol PP Kabupaten Lebak, Asep Didi Herdiansyah saat diwawancara diruangnya, Selasa (10/11/2020).

KABUPATEN LEBAK, RADAR24NEWS.COM-Dinas Satuan Polisi Pamong Paraja (Satpol PP) Kabupaten Lebak mencatat, selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tercatat sebanyak 1.886 orang dan 276 pelaku usaha yang melanggar. Dari ribuan pelanggar itu terkumpul sanksi adminitrasi sebesar Rp 24 juta lebih yang sudah disetorkan ke kas daerah.

Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Penegakan Peraturan Daerah (Kabid Tibumdan Gakda) pada Satpol PP Kabupaten Lebak, Asep Didi Herdiansyah mengatakan, jumlah pelanggar PSBB tahap II baik pelanggar perorangan maupun pelaku usaha semakin meningkat.
Hal itu, kata ia, karena kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya berdisiplin dan mentaati Protokol Kesehatan (Prokes) dimasa pandemi Covid -19.

Bacaan Lainnya

“Kebanyakan pelanggar itu adalah perorangan. Sedangkan untuk pelaku usaha mencapai ratusan pelanggar,”kata Asep saat ditemui wartawan di ruanganya, Selasa (10/11/2020).

Menurut Asep, total jumlah pelanggar PSBB tahap I dan II itu belum semuanya membayar denda adminitrasi. Oleh sebab itu, masih banyak Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang belum diambil oleh pelanggar PSBB tersebut.

“Saat ini masih ada 150 KTP milik pelanggar PSBB yang belum diambil. Jika mau diambil, silahkan datang ke kantor Satpol PP di jam kerja mulai Senin hingga Jumat dengan memperlihatkan bukti pembayaran denda adminitrasi,” ujarnya.

Baca juga: Peredaran Madu Tiruan Dibongkar, 3 Pelaku Diciduk Polda Banten

Asep menjelaskan, sebelum pihaknya memberikan sanksi administrasi terhadap pelanggar. Sesuai dengan ketentuan, pelanggar diberikan sanksi sosial. Seperti membersihkan lingkungan dan membuat pernyataan untuk tidak melanggar lagi.

“Iya, sebelum diberikan sanksi administrasi, kita beri sanksi sosial terlebih dahulu. Jika pelanggar masih saja tidak mematuhi baru kita berikan sanksi administrasi atau penahanan KTP,” tegasnya.

Asep menambahkan, total keseluruhan pelanggar yang di denda administrasi terhitung, untuk pelaku usaha sebanyak 226 Pelanggar, dan untuk Perorangan 22 pelanggar.

“Jumlah yang sudah lunas Rp 10.870.000 dan yang belum lunas Rp 13.850.000. Jadi total jumlah Denda administrasi PSBB tahap I hingga tahap II sebesar Rp 24.720.000,” pungksnya. (aji/imron)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *