Pandemi Corona, Sampah Medis di RSU Kabupaten Tangerang Naik

  • Whatsapp
Gedung RSUD Kabupaten Tangerang

KABUPATEN TANGERANG,RADAR24NEWS.COM-Dimasa pandemi virus corona atau Covid-19, sampah medis di RSUD Kabupaten Tangerang mengingkat tajam.

Hal tersebut disampaikan Wakil Direktur Pelayanan Penunjang Medik di RSUD Kabupaten Tangerang, Endang Widyastari. Menurutnya, peningkatan sampah medis sudah terjadi pada Maret 2020 lalu, dimana terkumpul sebanyak 900 kilogram. Kemudian pada April semakin meningkat, terkumpul sebanyak 2.903 kilogram dan pada Maret terkumpul 9.900 kilogram.

“Sementara untuk Juni ini sudah terkumpul 6.200 kilogram,” kata Endang kepada wartawan, Senin (29/6/2020).

Baca juga: Pemkab Tangerang Terima Aset Senilai Rp 30 Miliar dari Kemenpu PR

Untuk mengantisipasi semakin meningkatnya sampah medis, lanjut Endang, pihaknya melakukan upaya daur ulang limbah, seperti limbah kardus dan limbah bekas botol infus. Upaya antisipasi tersebut dinilai berhasil, karena berhasil melakukan daur ulang sampah sekitar 330 kilogram.

“Untuk melakukan daur ulang tersebut, kami melakukan dengan cara mandiri. Hasilnya, sebulan kami berhasil melakukan daur ulang sekitar 330 kilogram sampah medis berupa kardus dan bekas botol infus,” jelasnya.

Menurut Edang, dalam menangani sampah medis yang tidak bisa didaur ulang, RSUD Kabupaten Tangerang bekerjasama dengan pihak ketiga. Tentunya, dalam penanganan samaph medis tersebut dilakukan dengan cukup ketat.

“Kami melakukan prosedur ketat dan menangani sampah medis. Diantaranya, petugas harus menggunakan APD (Alat Pelindung Diri_red) dan sangat hati-hati,” ujaranya.bulan Januari diangka 12 ribu kilogram kini di Juni hanya sekitar 6.200 kilogram,” pungkasnya. (imron)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *