Ombudsman Minta Lapas Rangkasbitung Tingkatan Pelayanan

  • Whatsapp

KABUPATEN LEBAK,RADAR24NEWS.COM-Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Rangkasbitung bergerak cepat melanjutkan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).
Untuk mewujudkan itu, Lapas Rangkasbitung menggandeng Ombudsman.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Banten Dedy Irsani, mengatakan, tugas pokok pemasyarakatan berbeda dengan instansi lainnya terutama di Kemenkumham.

“Banyak indikator yang mesti dicapai dan diimplementasikan jika kita ingin meraih predikat ZI menuju WBK/WBBM, tidak mudah dan juga tidak sulit perlu konsistensi dan komitmen dalam implementasi,” kata Dedy berdasarkan keterangan tertulisnya, Kamis (23/7/2020).

Dari yang dilihatnya, Dedy mengaku, Lapas Rangkasbitung sudah sangat baik menyiapkan sarana, hanya layanan yang mesti ditingkatkan.

“Dipertahankan, terutama dalam implementasinya kita harus melayani masyarakat di dalam yaitu WBP dan di luar yaitu keluarga pengunjung dan masyarakat lain. Terhadap implementasi 6 area perubahannya harus jelas dan konkrit dilaksanakan dengan baik, saat ini sudah semakin terbuka sehingga muaranya adalah pembangunan ZI ini harus dapat meningkatkan pelayanan publik, kalau tidak meningkat berarti ya tidak ada perubahan,” jelasnya.

Masalah klasik di lapas adalah over kapasitas, hampir terjadi di seluruh lapas, dalam situasi tersebut petugas harus memiliki pendekatan khusus, humanis dan kekeluargaan.

“Flasback ke belakang, terjadi banyak gangguan keamanan karena adanya layanan yang tidak diberikan secara baik, ada prosedur yang dilanggar, oleh karenanya konsep pembinaan harus dapat memanusiakan sebagaimana memperlakukan manusia dengan baik, dan alhamdulillah Lapas Rangkasbitung sudah menjalankan dengan baik, terlihat dari suasana lapas yang bersih, asri dan nyaman,” pungkasnya. (yuda)

  • Whatsapp

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *