Musim Nikah Telah Tiba untuk Warga Suku Baduy Lebak

  • Whatsapp
Proses pernikahaan warga suku baduy, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak.

KABUPATEN LEBAK,RADAR24NEWS.COM-Kini musim nikah telah tiba untuk warga suku baduy, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak. Pasalnya, bulan Juli merupakan momen masyarakat suku baduy untuk melangsungkan pernikahan.

Jika lewat bulan Juli, dalam aturan adat suku baduy, warga suku baduy tidak bisa melangsungkan pernikahan, harus menunggu bulan September atau bulan Januari.

Bacaan Lainnya

Kepala Seksi (Kasie) Pemerintahaan Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar Sarin menjelaskan, untuk masyarakat suku baduy proses pernikahaan hanya boleh dilakukan pada bulan tertentu. Dalam setahun, hanya bulan dilakukan pada bulan Januari, Juli dan September.

“Sekarang (bulan Juli_red), banyak pasangan suku baduy yang akan melangsungkan pernikahaan. Sebab, jika lewat bulan Juli, maka pasangan muda-mudi suku baduy harus menunggu sampai bulan September atau januari,” kata Sarpin kepada wartawan, Sabtu (25/7/2020).

Sementara itu, Udil, warga Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak mengatakan, proses pernihaaan yang digelar oleh masyarakat suku baduy harus dilakukan sederhana. Sebab, harus menjunjung tinggi adat istiadat dan aturan di Baduy.

“Jadi pernikahaan di kami (suku baduy_red) tidak seperti pernikahan masyarakat pada umumnya yang selalu ramai dengan berbagai jenis hiburan. Pernikahan kami sederhana,” pungkasnya. (yuda)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *