Mendagri Minta Kepala Daerah Harus Inovatif Optimalkan Potensi SDA

  • Whatsapp
Mendagri Minta Kepala Daerah Harus Inovatif Optimalkan Potensi SDA
Mendagri Minta Kepala Daerah Harus Inovatif Optimalkan Potensi SDA.

JAKARTA, RADAR24NEW.COM– Menteri Dalam Negeri atau Mendagri Muhammad Tito Karnavian meminta setiap kepala daerah harus inovatif untuk optimalkan potensi Sumber Daya Alam (SDA). Itu harus dilakukan untu mesejahterkan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Tito dalam acara Penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2021 yang digelar secara darling di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Rabu (29/12/2021).

“Saya minta seluruh kepala daerah bisa menggali potensi daerahnya masing-masing. Itu agar memiliki kemampuan untuk sejahterakan masyarakatnya,” kata Tito berdasarkan keterangan tertulis diterima radar24news.com.

Menurut Tito, Undag-Undang Otonomi Daerah sudah memberikan ruang bagi kepala daerah menggali potensi yang dimilikinya seperti potensi SDA untuk sejahterkan masyarakat. Salah satunya, dengan ditandai kemampuan fiskal lebih mandiri.

“Salah satu tujuan otonomi daerah itu memberikan kewenangan kepada kepala daerah untuk mesejahterkan warganya,” ucapnya.

Agar mampu sejahterkan warga dengan memiliki kapasitas fiskal yang tinggi, menurut Tito, diperlukan kepala daerah yang memiliki jiwa kememimpinan serta memiliki terobosan.

“Kuncinya adalah leadership, kepemimpinan dari kepala daerah. Saya harapkan kepala daerah yang menjadi kunci di tengah desentralisasi otonomi daerah ini menjadi leader yang kuat, strong leader,” katanya. (imron)

  • Whatsapp

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.