Mendadak ke Bandara Soetta, Menhub Cek Kelayakan Pesawat

  • Whatsapp
Menhub Cek Kelayakan Pesawat di Bandara Soekarno Hatta
Menhub Budi Karya Sumardi melakukan pengecekan pesawat di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Minggu (17/1/2021).

BANDARA SOEKARNO HATTA, RADAR24NEWS.COM-Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumardi mendadak mendatangi Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Minggu (17/1/2021). Kedatangan orang nomor satu di Kementerian Perhubungan (Kemebhub) tersebut, ternyata untuk melakukan pengecekan atau ramp check beberapa pesawat di Bandara Internasioanl tersebut.

Pantuan radar24news.com, Menhub Budi Karya Sumardi didampingi beberapa pejabat di Kemenhub langsung melakukan pengecekan pada pesawat Batik Air nomor registrasi PK-LBH di Terminal 2 Bandara Soetta.

Bacaan Lainnya

Usai melakukan pengecekan, Budi mengatakan, kedatangannya ke Bandara Soetta untuk melakukan pengecekan kelayakan beberapa pesawat. Hal itu dilakukan agar kejadain yang menimpa pesawat Sriwijaya 182 tidak kembali terjadi.

“Saya melakukan pengecekan langsung kelayakan beberapa pesawat, baik itu fungsi mesin dan fungsi pergerakan mesin,” kata Budi.

Baca juga: 24 Perusahaan di Kabupaten Tangerang Gulung Tikar

Selain itu, Budi juga memastikan kelayakan beberapa pesawat yang akan terbang meningggalkan landasan atau istilah penerbangannya take off. Hal dilakukan untuk mengetahui kualifikasi pesawat layak atau tidak.

“Hasil pengecekan saat ini diketahui semua pesawat layak terbang. Nantinya untuk pengecean peswat sehar-hari dilakukan oleh inspektur, dimana inspektur itu ditunjuk oleh regulator,” tuturnya.

Dirjen Perhubungan Udara pada Kemenhub Novie Riyanto menambahkan, pengecekan pesawat dilakukan secara teliti dan detail. Hal itu dilakukan untuk menjamin kelayakan pesawat beroperasi. Pemeriksaan meliputi log book catatan pesawat terkait mesin, struktur dan operasional.

“Semua dicek, untuk memastikan kelayakan pesawat. Dan mengantisipasi kemungkinan terburuk yang terjadi dalam transportasi udara,” pungkasnya. (siti nurhasanah)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *