Masa Pandemi Corona, 14.838 Perempuan di Kota Tangerang Hamil

  • Whatsapp
Ilustrasi: Pemeriksaan Ibu Hamil

KOTA TANGERANG,RADAR24NEWS.COM-Selama pandemi virus corona atau Covid-19, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Tangerang mencatat jumlah ibu hamil di Kota Tangerang sebanyak 14.838 orang. Total jumlah ibu hamil tersebut terhitung Januari hingga Mei 2020.

Kepala DP3AP2KB Kota Tangerang Heriyanto mengatakan, anga rata-rata ibu hamik per bulan di wilayah Kota Tangerang relatif cukup stabil. Namun, yang perlu menjadi catatat, pada Mei 2020 atau pada awal masa pandemi Covid-19, angka ibu hamil mengalami peningkatan, meskipun tidak signifikan.

“Memang ada kenaikan, tapi masih bisa dibilang normal,” kata Heriyanto berdasarkan keterangan tertulisnya, Selasa (30/6/2020).

Sementara itu, Wakil Walikota Tangerang Sachrudin mengatakan, meski angka ibu hamil di Kota Tangerang masih dibilang normal. Namun demikian, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang tetap mengimbau kepada ibu rumah tangga untuk mengikuti program Keluarga Berencana (KB). Hal itu perlu dilakukan untuk menekan laju pertumbuhan penduduk di Kota Tangerang, khususnya.

“Program KB itu merupakan salah satu bentuk kehadiran pemerintah ditengah masyarakat,” katanya.

Baca juga: Mie Mengandung Formalin Masih Ditemukan di Pasar Kemis Tangerang

Untuk memberikan pelayanan KB, lanjut Sachrudin, Pemkot Tangerang memberikan pelayanan KB gartis diseluruh fasilitas kesehatan di Kota Tangerang. Untuk mendapatkan layanan KB gratis, masyarakat cukup datang ke fasilitas kesehatan dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Pelayanan KB gratis ini dalam rangka memperingati Harganas (Hari Keluarga Nasional_red) ke 27,” katanya.

Sachrudin menambahkan, layanan KB gratis dan serentak diberikan di fasilitas kesehatan ini digagas oleh DP3AP2KB Kota Tangerang.

“Saya mengimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan layanan KB gratis,” pungkasnya. (hendra setiawan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *