Leumeung Malingping Lebak Jadi Oleh-Oleh Pejabat Hingga Teman

  • Whatsapp
Leumeung Malingping Lebak Jadi Oleh-Oleh Pejabat Hingga Teman
Leumeung Malingping.

KABUPATEN LEBAK, RADAR24NEWS.COM-Leumeung atau lemang merupakan makanan khas Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak. Leumeung ini ternyata bukan hanya enak dimakan, namun juga dijadikan oleh-oleh pejabat hingga teman.

Meskipun zaman terus berganti, makanan yang dikemas didalam bambu ini eksistensinya tetap dipertahankan oleh masyarakat Kecamatan Malingping.

Bacaan Lainnya

Nursiah (53 tahun), salah satu pedagang dan pembuat leumeung mengaku, dirinya yang meneruskan membuat leumeung ini secara turun-temurun dari orangtuanya. Membuat leumeung harus memiliki keterampilan dengan memadukan rajikan khusus, sehingga leumeung terasa enak.

“Iya, kita punya racikan khusus agar leumeung terasa enak. Beda dengan leumeung dari daerah lain,” kata Nursiah saat berbincang dengan radar24news.com, Minggu (21/2/2021).

Baca juga: Memilih Sampo Wanita Sesuai Jenis Rambut

Nursiah mengaku, berjualan dan membuat leumeung sudah dilakoni sejak 40 tahun, sesaat masih bersama orangtuanya. Lalu saat orang tua sudah tidak ada, usaha leumeung semakin ditekuninya.

“dulu berjualan sama orang tua, setelah tidak ada diteruskan oleh saya,” tuturnya.

Untuk membuat penganan ini, dia membutuhkan banyak, di antaranya waktu 3 jam untuk merebusnya terlebih dahulu hingga leumeung dibakar, lalu dijual di Pasar Lama Malingping.

“Harga leumeung perbambu mulai Rp 30 hingga Rp 40 ribu,” pungkasnya.

Terpisah, Yana Mulyana (35 tahun) warga Kecamatan malingping yang tinggal di Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang mengaku, Leumueng Malingping sudah terkenal hingga ke Tangerang dan Jakarta. Hal itu terbukti, saat dirinya akan mudik ke Kecamatan Malingping, beberapa temannya meminta dibawakan oleh-oleh leumeung.

“Katanya sih, leumeung malingping ini beda dengan di daerah lain. Makanya banyak teman sering minta dibawain leumeung malingping,” ujarnya.

Selain temannya, lanjut Yana, ternyata leumeung malingping juga terkenal dibeberapa pejabat daerah dan pusat.

“Saya punya relasi di salah satu Lembaga negara di Jakarta, saat tahu saya berada di Malingping minta dibawain oleh-oleh leumeung malingping,” pungkasnya. (angga/ron)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *