Lebak Selatan Berpotensi Diguncang Gempa Besar, BPBD Imbau Waspada

  • Whatsapp
Lebak Selatan Berpotensi Diguncang Gempa Besar, BPBD Imbau Waspada
Kondisi Shelter Tsunami di Kampung Binuangeun, Desa Muara, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak banyak coretan.

KABUPATEN LEBAK, RADAR24NEWS.COM-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak memberikan peringatan kepada masyarakat di Kabupaten Lebak bagian Selatan atau Lebak Selatan agar tetap waspada terhadap ancaman gempa besar dan berpotensi terjadinya tsunami.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Derah (BPBD) Kabupaten Lebak, Febby Rizki Pratama mengakui, sudah menerima informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banten terhadap peringatan dan prediksi potensi terjadinya gempa besar di di Lebak Selatan. Oleh karena itu, pihaknya, sudah mengintensifkan informasi tersebut kepada stakeholder di lebak selatan.

Bacaan Lainnya

“Bencana apapun tidak kita inginkan, tapi kewaspadaan harus dilakukan. Apalagi peneliti dari BMKG sudah memprediksi ancaman potensi gempa besar di Lebak Selatan,” kata Febby kepada radar24news.com, Sabtu (17/4/2021).

Baca juga: Satu Rumah di Sajira Lebak Hangus Terbakar, Diduga Konsleting Listrik

Selain mesosialisasikan infomasi potensi gempa besar tersebut, lanjut Febby, pihaknya sudah menyiapkan puluhan lokasi evakuasi jika terjadi gempa besar dan disusul dengan tsunami. Puluhan titik evakuasi itu dinilai sebagai tempat aman.

“Kita sudah siapkan 20 titik lokasi evakuasi di Lebak Selatan. Itu dilakukan untuk kewaspadaan bila terjadi gempa besar dan tsunami, sesuai dengan predikasi BMKG,” ujarnya.

Selain itu, tambah Febby, BPBD Kabupaten Lebak juga sudah melakukan perencanakan untuk menata kembali shelter tsunami yang berada di Desa Muara, Kecamatan Binuangeun. Sebab, kondisi shelter tsunami tersebut sangat mengkhwatirkan karena tidak terawatt.

“Kita akan segera melakukan perawatan dan penataan shelter tsunami yang ada di Desa Binuangeun Wanasalam, shelter tsunami itu sebagai lokasi evakuasi,” pungkasnya. (angga/imron)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.