Lahan Pertanian Tergerus, Tangerang Andalkan Pasokan Pangan dari Daerah Lain

  • Whatsapp
Lahan Pertanian Tergerus, Tangerang Andalkan Pasokan Pangan dari Daerah Lain
Salah seorang petani Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang sedang menanam padi atau nandur. (foto kiriman pembaca radar24news.com)

KABUPATEN TANGERANG, RADAR24NEWS.COM-Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang mengakui, lahan pertanian di wilayah banyak yang beralih fungsi atau tergerus setiap tahunnya. Akibatnya, produksi pangan tidak sebanding dengan jumlah penduduk Kabupaten Tangerang.

“Kita masih mengadalkan pasokan pangan dari daerah lain, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Tangerang,” kata Kepala DPKP Kabupaten Tangerang, Aziz Gunawan berdasarkan keterangan terulis diterima radar24news.com, Jumat (16/4/2021).

Bacaan Lainnya

Baca juga: Satu Rumah di Sajira Lebak Hangus Terbakar, Diduga Konsleting Listrik

Peyebab lainnya, lanjut Azis, kondisi geografis dan minta masyarakat Kabupaten Tangerang untuk menekuni bidang pertanian, seperti menaman pangan dan hortikiltura menjadi kendala lain rendahnya produksi hasil pertanian.

“Padahal, kebutuhan beras di Kabupaten Tangerang mencapai 79 ribu ton dalam bulan April hingga Mei, sementara cabe merah 2,3 ton. Dan bawang merah 1,800 ton, kebutuhan itu mayoritas dipasok dari luar daerah,” tuturnya.

Baca juga: Dinilai Tak Efektif, Angkot Milik Pemkot Tangerang Sepi Penumpang

Dalam kesempatan itu, Azis juga menyebutkan bahwa faya beli masyarakat terhadap pangan menurun akibat dampak pandemic Covid-19. Namun, saat menjelang Ramadan, daya beli masyarakat kembali meningkat.

“Saat ini (Ramadan), daya beli masyarakat di Kabupaten Tangerang meningkat 10 persen dibanding bulan sebelumnya. Jika bulan sebelumnya daya beli masyarakat menurun akibat dampak Covid-19,” pungkasnya. (imron)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.