Lagi Krisis PD? Berikut Cara Mudah Tingkatkan Percaya Diri

  • Whatsapp
Cara Mudah Tingkatkan Percaya Diri
Cara Mudah Tingkatkan Percaya Diri. (istimewa)

JAKARTA, RADAR24NEWS.COM-Ada kalanya Anda merasakan krisis percaya diri(PD) dan jika hal itu terjadi, ikuti beberapa cara mudah yang bisa meningkatkan rasa percaya diri Anda.

Tuliskan kekuatan dan kelemahan

Bacaan Lainnya

Jujurlah pada diri sendiri dan tuliskan apa saja kekuatan serta kelemahan Anda. Jika Anda masih bingung dengan kekuatan atau kelebihan Anda, mulailah dari hal-hal kecil. Misalnya, Anda pernah mendapat pujian sebagai pendengar yang baik atau Anda dikenal sebagai orang yang terorganisir. Apapun itu, tuliskan saja di selembar kertas dan letakkan di tempat yang mudah Anda lihat. Jadi, setiap Anda merasa tidak percaya diri, ingat-ingat lagi tentang kekuatan Anda itu.

Fokus pada pencapaian

Setiap orang pasti pernah berhasil mencapai sesuatu yang membanggakan. Misalnya, Anda berhasil secara akademis, meraih mimpi Anda, atau bekerja di dalam bidang yang Anda sukai. Ketimbang terlalu banyak memikirkan soal kegagalan Anda, lebih baik pikirkan pencapaian yang telah diraih yang dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda.

Sosialisasi

Jika selama ini merasa diri Anda tertutup, cobalah bersosialisasi di luar dari lingkaran keluarga. Jalin kembali hubungan dengan teman lama atau ikuti organisasi untuk dapatkan teman baru. Jika selama ini hanya berteman dengan teman kantor di bagian yang sama, cobalah berkenalan dengan teman-teman di departemen lain.

Lakukan sesuatu yang Anda suka

Coba lakukan kegiatan yang Anda sukai atau yang Anda kuasai. Apakah Anda senang memasak, berenang, atau berkebun, asalkan itu kegiatan yang bisa Anda lakukan dengan baik. Jangan puas dengan kemampuan Anda yang standar, tapi coba tingkatkan level kemampuan Anda dan berhasil melakukan hal tersebut merupakan awal untuk meraih kepercayaan diri yang lebih tinggi.

Kelilingi diri dengan orang yang menyukai Anda

Sebaiknya Anda selalu berada di sekitar orang yang menyukai Anda, menerima Anda apa adanya, atau sesekali menanyakan pendapat Anda. Mereka yang percaya akan saran Anda, sering membantu, dan memuji kemampuan Anda secara tak langsung akan meningkatkan rasa percaya diri. (gus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.