Lagi Galau? 7 Makanan Untuk Bikin Hati Senang dan Bahagia

  • Whatsapp
Lagi Galau? 7 Makanan Untuk Bikin Hati Senang dan Bahagia
Ilustrasi: 7 Makanan Untuk Bikin Hati Senang dan Bahagia

JAKARTA, RADAR24NEWS.COM-Hidup tak selamanya bahagia, kadang Anda kesulitan untuk menyeimbangkan kehidupan pribadi dan pekerjaan yang bisa membuat suasana hati mudah berubah. Saat Anda merasa mudah marah, sedih, atau lelah, Anda bisa beralih ke makanan yang bisa membuat suasana hati jadi lebih baik.

Dilansir dari medimanage, Selasa (17/8/2021). Berikut 7 makanan yang membuat hati senang.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Inilah 7 Makanan dan Minuman yang Bikin Gigi Kuning

1. Cokelat

Siapa saja pasti setuju kalau mereka memilih cokelat setiap kali merasa murung. Cokelat memang dipercaya meningkatkan level hormon endorfin yang dapat membuat rasa senang dan mengurangi hormon kortisol penyebab stres.

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung vitamin B yang memproduksi neurotransmitter, semacam serotonin di otak Anda. Neurotransmitter ini mampu meredakan stres dan meningkatkan mood. Sejumlah penelitian juga menyebutkan bawah vitamin B seperti folat, niacin atau B6, punya efek besar terhadap energi, mood, dan memori.

3. Gandum

Gandum merupakan sumber karbohidrat kompleks yang menyediakan energi dalam kadar tetap sehingga menjaga kadar gula dalam tubuh. Gandum juga mengandung vitamin B, magnesium, dan zinc yang mampu menjaga suasana hati.

4. Susu

Kalsium dalam susu juga bisa meningkatkan mood. Selain kalsium, susu juga mengandung tryptophan yang bekerja sebelum serotonin, sehingga memunculkan rasa senang sekaligus bisa melepaskan rasa stres.

5. Pisang

Pisang adalah buah yang mengandung potasium dan vitamin B6. Vitamin ini membantu untuk mengubah phenylalanine yang dapat meningkatkan dopamine sekaligus perasaan senang.

6. Teh hijau

Saat Anda terbiasa minum teh atau kopi di tengah-tengah pekerjaan, coba menggantinya dengan secangkir teh hijau. Teh ini mengandung thenine yang dapat mendorong produksi dopamine dan serotonin dalam sistem tubuh yang membantu mengurangi stres sekaligus membuat diri Anda merasa senang.

7. Seafood

Ikan memiliki kandungan asam Omega 3 yang tinggi dan dapat membantu memerangi depresi. Memakan ikan dapat meningkatkan level serotonin dan kandungan zinc didalamnya meningkatkan kesiapan otak. Penelitian menunjukkan ikan salmon dan sarden adalah dua jenis ikan yang paling bisa membantu meningkatkan mood. Namun, karena umumnya seafood memiliki kadar kolesterol yang tinggi, sebaiknya hanya dimakan sesekali atau kombinasikan dengan buah dan sayuran. (gus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.