KPU Kota Tangerang Ajukan Anggaran 101 miliar untuk Pilkada 2024

KPU Kota Tangerang Ajukan Anggaran 101 miliar untuk Pilkada 2024
Ketua KPU Kota Tangerang, Ahmad Syailendra

KOTA TANGERANG, RADAR24NEWS.COM-Meski pun belum diajukan secara terulis, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang mengusulkan anggaran sebesar Rp101 miliar untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentank yang akan digelar pada 2024 mendatang. Sekedar diketahui bahwa usulan anggaran ini lebih besar dibandikan dengan anggaran Pilkada 2018 lalu, dimana pada tahun tersebut dialokasikan sebesar Rp61 miliar.

“Perlu diketahui, bertambahnya jumlah usulan anggaran yang diajukan tersebut karena bertambahnya jumlah TPS (Tempat Pemilihan Suara_red),” terang Ketua KPU Kota Tangerang, Ahmad Syailendra kepada wartawan, Jumat (11/3/2022).

Bacaan Lainnya

Sebetulnya, KPU Kota Tangerang sudah mengusulkan anggaran pelaksanaan Pilkada 2024 sebesar Rp99 miliar kepada DPRD. Namun karena ada penambahan TPS, KPU akan melakukan revisi pengajuan menjadi Rp101 Miliar.

“Nanti kita akan revisi pengajuan anggaran jadi Rp101 milair, karena awalnya kita mengusulkan sebesar Rp99 miliar,” jelasnya.

Ahmad menjelaskan bahwa revisi pengajuan anggaran Pilkada 2024 tersebut juga karena berdasarkan estimasi pemilih sebanyak 1,3 juta jiwa pada 2018 lalu. Kemudian, 700 Kepala Keluarga (KK)dan pasangan calon (paslon) walikota Tangerang yakni lima. Sisa dari anggaran itu bakal dikembalikan seiring perjalan pilkada nanti.

“Nantinya kita juga akan melakukan efisiensi anggaran, jika ada sisa kita kembalikan,” ucapnya.

Ahmad menambahkan bahwa Pilkada serentak 2024 mendatang harus bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Itu sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 54 tahun 2019 tentang tentang pendanaan kegiatan pemilihan gubernur, bupati dan walikota yang bersumber dari APBD.

“Kemudian, Permendagri Nomor 41/ 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Kemendagri Nomor 53/ 2019 tentang Pendanaan Kegiatan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota yang bersumber dari APBD,” pungkasnya. (wulan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.