Keren, Gula Aren Khas Desa Hariang Lebak Tembus Pasar Ekspor

  • Whatsapp
Keren, Gula Aren Khas Desa Hariang Kabupaten Lebak Tembus Pasar Ekspor.

KABUPATEN LEBAK, RADAR24NEWS.COM-Gula aren khas Desa Hariang, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak ternyata sudah masuk pasa ekspor mulai negara Amerika, Jerman, Australia Korea Selatan dan Malaysia.

Kelompok Usaha Bersama (KUB) Mitra Mandala Anwar mengatakan, gula aren khas Desa Hariang sudah di akui di pasar luar negeri seperi Jerman, Australia, Korea dan Amrekia. Selian itu, gura aren khas Desa Hariang juga diminta di dalam negeri.

Bacaan Lainnya

“Jumlah yang di ekspor, seperti gula semut biasanya per- tahun diperkirakan mencapai 20 ton. Dan untuk gula aren jahe merah sekitar 30 ton lebih,” kata Anwar kepada wartawan, Jumat (6/11/2020).

Baca juga: Promosi dan Mutasi PNS Disoal, Fraksi PPP Minta Pansus Dibentuk

Produk gula aren di Desa Hariang, lanjut Anwar, sudah ditekuni pada 1989. Produksinya berupa gula semut, jahe merah gula aren, jahe kunyit gula aren dan gula aren cair.

“Tapi yang diminti pasar Australia, Jerman dan Amerika itu jahe merah, tapi gula cair dimintai di Malaysia,” ujarnya.

Namun demikian, lanjut Anwar, tahun ini terjadi penurunan permintaan dari pasar luar negeri, dimana hanya ada permintaan sekitar 10 ton. Beruntung permintaan dari dalam negeri seperti dari Jakarta meningkat.

“Kami juga sekarang ada permintaan dari Jakarta. Namun, kita sesuaikan berdasarkan kemampuan produksi, jika kita mampu memproduksi banyak, kita akan tandatangan kontrak satu tahun,” pungkasnya. (aji)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *