Kerap Banjir, Program “Lestari” Bupati Tangerang Juga Dipertanyakan

  • Whatsapp
Banjir yang melanda kawasan milenium, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, akibat meluapnya Sungai Cimanceuri, beberapa bulan lalu. (foto dokumen)

KABUPATEN TANGERANG,RADAR24NEWS.COM-Setelah program Mandiri Tahan Pangan (Mantap), program unggulan Pengelolaan dan Pemantauan Sumber Daya Air atau Lestari yang merupakan salah satu program Bupati Tangerang juga dipertanyakan Fraksi PDI Perjuangan di DPRD Kabupaten Tangerang. Sebab, sampai saat ini sejumlah wilayah Kabupaten Tangerang langganan banjir.

“Salah satu program Bupati Tangerang ke 13 adalah Lestari, yaitu penanggulangan banjir untuk warga berdomisili di titik langganan bajir, pada kenyataannya sepertinya ‘gagap’ ketika bencana banjir melanda Kabupaten Tangerang,” kata Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Tangerang Akmaludin Nugraha berdasarkan keterangan tertulis yang diterima radar24news.com, Kamis (9/4/2020).

Saat ini, lanjut Akmaludin, sepertinya sudah saangat sulit Ketika banjir perlima tahunan dapat sangat pendek terjadi persatu atau dua tahun, ini seharusnya menjadi cocern pihak Pemerintah Daerah (Pemda) kedepan dalam menangani antisipasi banjir.

“Yang jadi pertanyaan, apakah Kabupaten Tangerang sudah memiliki peta saluran air tersier dan bagaimana penyediaan cadangang air bersih saat musim kemarau,” ujarnya.

Baca juga: Program Unggulan “Mantap” Bupati Tangerang Dipertanyakan

Tidak adanya normalisasi anak sungai yang dilakukan Pemkab Tangerang, menurut Akmaludin, tetap akan kemungkinan banjir terjadi setiap tahun.

“Sebaliknya lakukan normalisasi dan juga berkoordinasi dengan Pemda tetangga, seperti Kota Tangerang, Kota Tangsel, DKI Jakarta dan Bogor sebagai daerah yang anak sungainya melewati Kabupaten Tangerang,” tukasnya,

Hingga berita ini ditayangkan, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar belum merespon panggilan dan pesan singkat yang dikirim wartawan. (imron)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *