Kemenag Lebak Belum Tindaklanjuti Temuan BPK Terkait BSU

Kemenag Lebak Belum Tindaklanjuti Temuan BPK Terkait BSU
Ilustrasi: Pencarian BSU

KABUPATEN LEBAK, RADAR24NEWS.COM-Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Lebak belum menindaklanjuti temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait Bantuan Subsidi Upah (BSU) Guru MI dan PAI. Sebab, Kemenag Kabupaten Lebak tidak memiliki data guru yang menerima bantuan tersebut. Padahal, Kementerian Agama RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam sudah mengirimkan surat intruksi bernomor B-4615/DJ.I/PS.02.2/11/2021.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah pada Kemenag Kabupaten Lebak Akhmad Firdaus menjelaskan bahwa proses pengajuan BSU tersebut dilakukan oleh penerima langsung ke pemerintah pusat. Artinya, kantor Kemenag Kabupaten Lebak tidak pernah melakukan verifikasi.

Bacaan Lainnya

“Bahkan kita juga tidak tahu persyaratannya seperti apa (untuk mendapatkan BSU-Red), jadi setiap guru langsung mengupload masing-masing,” jelasnya saat dikonfirmasi radar24news.com melalui telepon, Selasa (15/3/2022).

Bahkan, lanjut dia, Kemenag Kabupaten Lebak tidak mengetahui siapa guru yang mendapatkan BSU tersebut?. Kemenag Kabupaten Lebak baru mengetahui adanya temuan BPK terkait BSU itu dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Banten.

“Nah kemarin, saat kita rapat di Provinsi dengan kepala Bidang Madrasah Kanwil Kemenag Banten, bahwa ini (BSU) ada temuan hasil pemeriksaan BPK. Kita diminta setiap Kabupaten/Kota untuk menyampaikan kepada guru-guru,” terangnya.

Mendapat informasi tersebut, tambah Akhmad, pihaknya memberikan masukan kepala Kanwil Kemenag Banten agar pihak Kemenag RI dan Kanwil Kemenag Banten untuk menyampikan hal tersebut kepada guru-guru. Hal itu perlu dilakukan agar sinkron.

“Karena kalau Kantor Kemenag Kabupaten Lebak yang menyampaikan kepada giru-guru khawatir konotasinya beda. Terlebih kita tidak pernah menggarap BSU,” tutupnya. (gus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.