Kabupaten Lebak Darurat Sampah, 421 Ton Sampah Tidak Tertangani

  • Whatsapp
Kabupaten Lebak Darurat Sampah, 421 Ton Sampah Tidak Tertangani
Suasana di TPA Cihara, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak.

KABUPATEN LEBAK, RADAR24NEWS.COM-Sebanyak, 421 ton lebih sampah di Kabupaten Lebak belum dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Berdasarkan data Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lebak, ada 553,70 ton sampah setiap hari. Sedangkan sampah yang dibuang ke TPA hanya 132 ton.

Kepala Seksi Pengurangan Sampah DLH Kabupaten Lebak, Udin menyatakan, sebanyak 421 lebih ton sampah yang tak tertangani tersebut dibuang masyarakat ke kebun dan ditimbun. Selain itu ada juga sampah itu yang dibuang ke sungai.

Bacaan Lainnya

“Setiap hari, ada sebanyak 421 lebih ton sampah yang dihasilkan di Lebak. Tapi kami hanya mampu menangani sebanyak 132 ton. Sisanya, ada yang dibaung ke kebon dan ada juga yang ditimbun. Bahkan, Sebagian masyarakat masih ada yang membuang sampah ke sungai,” terangnya, Selasa (11/1/2022).

Udin menegaskan, pihaknya sudah berusaha maksimal dalam menangani sampah tersebut. Namun keterbatasan anggaran yang mengakibatkan penanganan sampah belum maksimal dilakukan. Udin menyebutkan, pihaknya hanya mengandalkan sebesar Rp2 miliar setahun untuk menangani sampah tersebut.

“Dengan anggaran tersebut, kami belum bisa maksimal dalam menangani sampah.

Saat ini, tambah Udin, Pemkab Lebak sudah memiliki dua TPA yakni TPA Cihara dan Dengung. Kedua TPA itu untuk menangani sampah di beberapa wilayah. Seperti untuk TPA Cihara untuk menangani sampah dari Kecamatan Malingping, Panggarangan, Bayah dan lainnya.

“Sementara untuk TPA Dengung, untuk menangani sampah di Kecamatan Rangkasbitung dan sekitarnya,” terangnya. (angga/imron)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.