Jumlah Calon Penerima Bansos Corona di Kabupaten Tangerang Disoal

  • Whatsapp
Ayo lapor ke radar24news.com

KABUPATEN TANGERANG,RADARNEWS-Ada kabar baik ditenga wabah virus corona atau covid-19. Bantuan ekonomi senilai Rp 600 ribu akan diberikan kepada keluarga terdampak virus corona di Kabupaten Tangerang. Namun sejumlah ketua Rukun Tetangga (RT) di Kabupaten Tangerang mengkritisi jumlah yang akan menerima bantuan tersebut. Pasalnya, jumlah calon penerima bantuan tidak sesuai dengan jumlah warga yang terdampak wabah covid-19.

“Jika ini bantuan warga terdampak covid-19, di lingkungan RT kami lebih dari 5 orang, tapi kami diminta pihak kecamatan hanya meyetorkan nama 5 orang yang akan mendapatkan bantuan dampak wabah covid-19,” kata Alexander ketua RT 06, Desa Sodong, Kecamatan Tigaraksa, kabupaten Tangerang, Rabu (15/4/2020).

Baca juga: Pemkab Tangerang Data Penerima Bantuan Terdampak Corona, Tapi Jumlah Sudah Ada

Selain itu, pengurus RT 06 diminta untuk segera meyetorkan 5 nama tersebut paling lambat pada Rabu (15/4/2020) pukul 10.00 WIB. Padahal, pengurus RT di Desa Sodong baru dikasih tahu pada Selasa (14/4/2020). Artinya, pengurus RT dipaksa untuk menyetorkan 5 nama yang akan diberi bantuan tersebut.

“Mangkanya, mayoritas pengurus RT ngomong, kalau memang dipaksa untuk menyetorkan 5 nama yang akan menerima bantuan lebih baik dibatalkan, karena khawatir tidak bisa dipertangungjawabkan dan ada timbul kecemburuan sosial di lingkungan warga,” ungkapnya.

Senada disampaikan Pengurus RT 01/03, Kelurahaan Kadu Agung, Kecamatan Tigaraksa Dede Uron mengatakan, jatah bantuan dampak covid-19 yang diberikan oleh pihak kelurahan untuk RT 01 hanya 8 orang.

Hal ini akan menjadikan persoalan baru dilingkungan warga. Sebab, warga tahunya bahwa yang terdampak covid-19 akan menerima bantuan. Kecuali warga yang sudah dapat bantuan PKH dan BNPT.

“Kalau caranya pembagian seperti ini akan menjadi persoalan baru di lingkungan warga, karena banyak warga yang tidak paham. Yang dipahami masyarakat semua dapat bantuan tersebut,” katanya.

Diberitkan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang sedang melakukan pendataan penerima bantuan dampak virus corona atau covid-19. Namun demikian, jumlah yang akan menerima bantuan melalui Jaring Pengaman Sosial (JPS) tersebut sudag ada, yakni sebanyak 83.333 kepala keluarga (KK).

“Anggaran yang disiapkan oleh Pemkab hanya untuk tiga bulan ini. tapi mudah-mudana selama tiga bulan ini pedemi corona sudah selesai,” kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tangerang Ujat Sudrajat, Selasa (14/4/2020). (imron)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *