Jarang Disadari, 4 Kebiasaan Bisa Sebabkan Stress

  • Whatsapp
sebabkan stress
Ilustrasi: Stress

KOTA TANGERANG SELATAN, RADAR24NEWS.COM-Penyebab stress bisa macam-macam, tapi ketika Anda tahu apa saja penyebabnya maka kemungkinan besar Anda bisa mencegahnya. Berikut adalah beberapa kebiasaan, yang mungkin terkesan sederhana, namun bisa menjadi penyebab stress. Dilansir dari Magforwomen, Jumat (15/10/2021). Berikut 4 kebiasaan yang bisa sebabkan stress.

1. Terlalu khawatir

Faktor utama di balik stress adalah kebiasaan sering khawatir. Sepertinya segala macam hal bisa membuat Anda terlalu khawatir, bahkan hal yang mungkin dianggap sepele oleh orang lain.

Bacaan Lainnya

Anda harus bisa menjalani setiap hari dengan perasaan optimis untuk menghilangkan kekhawatiran berlebihan ini. Ketika semuanya tidak berjalan sesuai rencana, jangan langsung panik. Cobalah untuk mencari solusi permasalahan daripada sekadar memikirkannya saja.

2. Ingin senangkan hati orang lain

Anda mungkin tipe orang yang tidak egois dan dengan senang hati selalu berusaha membantu orang lain. Sayangnya, kebiasaan ini bisa menyerang diri sendiri. Karena ketika Anda selalu berusaha menyenangkan hati orang lain, kadang Anda lupa untuk menyenangkan diri sendiri. Cobalah lakukan segalanya dengan lebih seimbang, Anda harus tahu kapan saatnya mengatakan ‘tidak’ dan kapan saatnya menyenangkan hati orang lain.

3. Tidak tidur cukup

Insomnia atau kebiasaan begadang juga bisa menjadi penyebab stres. Orang dewasa pada umumnya membutuhkan minimal tujuh jam tidur. Ketika tidak terpenuhi bisa menyebabkan rasa lelah, suasana hati tak beraturan, mudah marah, dan masih banyak lagi.

4. Selalu bandingkan diri

Banyak orang yang memiliki jiwa kompetitif tinggi, baik di bidang pekerjaan, kekayaan, atau sisi kehidupan lainnya. Rasa kompetitif tersebut cenderung muncul di antara kelompok pertemanan, apalagi didukung dengan penggunaan teknologi dan media sosial.

Rasa iri, cemburu, dan perasaan tak aman pun jadi muncul karena ada kebiasaan sering membandingkan diri dengan kesuksesan orang lain. Padahal, Anda mungkin hanya tahu sisi baik seseorang tanpa tahu apa saja yang mereka alami. Setiap orang pasti memiliki masalah dan kebahagiaannya sendiri-sendiri, jadi Anda tidak perlu selalu merasa diri lebih rendah bila dibandingkan dengan orang lain. (mey)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.