Jadi Pelaku Jual Beli Online Fiktif, 4 Warga Pasar Kemis Dibekuk Polisi

  • Whatsapp
Jadi Pelaku Jual Beli Online Fiktif, 4 Warga Pasar Kemis Dibekuk Polisi
Polda Banten mengamankan 4 pelaku penipuan jual beli online shop fiktif di Mapolda Banten, Rabu (15/9/2021).

KOTA SERANG, RADAR24NEWS.COM-Empat warga Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang berinisial AT (35), BB (36), HM (47) dan BD (34) dibekuk Direktorat Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Banten. Mereka ditangkap lantaran diduga pelaku jual beli online fiktif.

Dirkrimsus Polda Banten, Kombes Pol Dedi Supryiadi mengungkapkan, awalnya mendapatkan laporan masyarakat yang dirugikan oleh akun jual beli online. Setelah dilakukan penyelidikan, pihaknya berhasil menangkap empat pelaku di wilayah Kecamatan Pasar Kemis.

Bacaan Lainnya

“Keempat pelaku ini bekerjasama untuk membuat beberapa akun jual beli online fiktif, tujuannya untuk mendapatkan keuntungan dalam bentuk cashback (uang kembali),” ungkapnya saat konferensi pers di halaman Mapolda Banten, Rabu (15/9/2021).

Baca juga: Geng Motor Bacok Pelajar, 2 Pelaku Dibekuk Polsek Pasar Kemis

Dedi menjelaskan, modus yang dilakukan para pelaku untuk menjaring korban dengan cara transaksi dibuah seolah-olah nyata. Tetapi paket yang dibeli oleh konsumen seharusnya handphone (HP) ternyata dikirim hanya sabun atau lakban.

“Kasus ini masih kami kembangkan, karena tidak menutup kemungkin masih banyak korban dari para tersangka,” ujarnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tambah Dedi, keempat tersangka jual beli online fiktif ini dijerat dengan Pasal 35 Jo Pasal 51 ayat (1) UU RI No. 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 Informasi dan Transaksi Elektronik, jo Pasal 115 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan.

“Ancaman pidannya, minimal diatas 5 tahun penjara,” pungkasnya. (angga/imron)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.