Inilah Sepuluh Bahan Makanan yang Bikin Kulit Sehat dan Segar

  • Whatsapp
Inilah Sepuluh Bahan Makanan yang Bikin Kulit Sehat dan Segar
Ilustrasi: Bahan Makan Bikin Kulit Sehat

JAKARTA, RADAR24NEWS.COM-Memiliki kulit yang segar dan sehat merupakan dambaan banyak orang, terlebih bagi wanita. Namun sering kian mahalnya produk perawatan kulit dan wajah di pasaran, kerap kali membuat wanita merasa terbebani untuk tampil cantik dan sehat.

Daripada merogoh kocek terlalu dalam untuk perawatan kecantikan dan kesehatan kulit, lebih baik mulai melirik manfaat-manfaat serupa yang terkandung di dalam 10 bahan pangan di bawah ini yang dikutip radar24news.com dari amerikanki.com

Bacaan Lainnya

  1. Paprika merah

Paprika merah merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki rasa unik, baik ketika dimakan mentah ataupun dimasak. Satu buah paprika merah mengandung lebih dari 100 persen kebutuhan vitamin C pada satu manusia setiap harinya. Paprika merah juga kaya akan kandungan serat dan vitamin B6, serta karotenoid yang dapat membantu menyembunyikan keriput dan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit sehingga tampak terlihat awet muda.

  1. Dark chocolate

Jenis cokelat ini kaya akan kandungan antioksidan, asam lemak, dan flavanol yang bantu tingkat kecerahan dan kelembaban kulit. Selain itu, antioksidan yang dikandungnya juga mampu bantu mengurangi kekusaman pada kulit dan melindunginya dari bahaya paparan sinar matahari langsung.

  1. Ikan salmon

Ikan salmon merupakan sumber pangan yang tepat untuk melawan stres, rasa cemas, dan depresi. Ikan salmon kaya akan kandungan vitamin D yang berguna untuk menjaga jantung, tulang, usus, dan otak dalam kondisi terbaiknya. Kaya akan kandungan omega-3, konsumsi ikan salmon juga sangat baik untuk melembabkan kulit secara alami dari dalam.

  1. Minyak kelapa

Minyak kelapa murni merupakan salah satu sumber lemak tak jenuh terbaik yang pernah ada. Di dalamnya juga terkandung asam laurik yang merupakan anti-bakteri super kuat yang bantu menjaga tubuh dari serangan virus, infeksi, peradangan, dan jerawat. Minyak kelapa murni juga kaya akan kandungan vitamin E yang sangat tepat untuk membuat kulit tetap lembab, halus, dan bebas kerut.

  1. Teh hijau

Teh hijau telah lama diketahui mengandung antioksidan yang tinggi, dan kabar baiknya, jenis teh ini juga mengandung asam amino yang tinggi, di mana bermanfaat untuk membuat kulit menjadi lebih rileks serta terhindar dari stres.

  1. Bayam

Bayam adalah satu dari sedikit sayuran yang memiliki kompleksitas gizi yang tinggi. Di dalam bayam, Anda akan mendapatkan manfaat menakjubkan dari zat besi, folat, klorofil, vitamin E, vitamin A, vitamin C, magnesium, serat, dan protein nabati. Campuran keseluruhan gizi tersebut berpengaruh terhadap meningkatnya kandungan antioksidan yang dibawanya, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

  1. Biji-bijian

Banyak biji-bijian mengandung selenium, magnesium, protein, dan vitamin E yang cukup dalam menjadikan kulit Anda senantiasa lembab dan terjaga kesehatannya. Beberapa jenis biji-bijian yang baik bagi kulit adalah biji bunga matahari, biji labu, dan biji rami. Anda dapat mengonsumsi biji-bijian tersebut bersama dengan sajian salad atau menambahkannya ke dalam sajian yogurt buah, di mana dapat menghindari rasa hambar yang dimilikinya.

  1. Seledri

Seledri mengandung banyak vitamin K yang membantu memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh serta bantu mengurangi tekanan darah. Selain itu, seledri juga cukup kaya akan kandungan sodium alami, potasium, dan air yang membantu cegah dehidrasi pada kulit.

  1. Pepaya

Salah satu jenis buah tropis ini ternyata rendah kalori, yakni hanya 39 kalori per 100 gram, dan hebatnya buah ini sama sekali tidak mengandung kolesterol. Selain itu, pepaya juga kaya akan nutrisi antioksidan, seperti vitamin C, vitamin E, dan beta karotin, yang efektif mempercepat pemulihan radang dan jerawat.

  1. Wortel

Ternyata wortel tidak hanya baik bagi kesehatan mata, namun juga baik bagi kesehatan kulit. Vitamin A yang terkandung di dalam wortel bantu cegah produksi sel berlebih di jaringan kulit, sehingga memperkecil resiko pembesaran sebum dan penumpukan sel kulit mati. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.