Ini 3 Panduan Menata Rambut Keriting untuk Pria

  • Whatsapp
Ini 3 Panduan Menata Rambut Keriting untuk Pria
Ini 3 Panduan Menata Rambut Keriting untuk Pria. (sumber foto model rambut.net)

KABUPATEN TANGERANG, RADAR24NEWS.COM-Bukan hanya wanita saja yang sering dibuat pusing dalam menata rambut keriting, pria pun begitu. Rambut keriting dan ikal rentan terhadap berbagai masalah rambut seperti, mudah kering, cepat kusut, ketombe, hingga gatal.

Hal tersebut disebabkan oleh tekstur rambut keriting yang cenderung menutup rapat kulit kepala sehingga sirkulasi udara terhambat yang mengakibatkan tingkat kelembapan rambut berkurang.

Bacaan Lainnya

Di bawah ini adalah tiga panduan penataan rambut bagi pria yang cocok untuk jenis rambut keriting dikutip radar24news.com dari Mensxp.

  1. Jangan menggosok dan menyisir rambut terlalu keras

Seringnya pria dengan rambut keriting menggosok rambutnya dengan keras, baik setelah keramas maupun ketika hendak menata rambut, dengan alasan agar rambut lebih lemas dan mudah ditata.

Memang benar rambut menjadi lemas, namun hal tersebut justru merusak folikel atau batang rambut sehingga membuatnya mudah kusut. Sebaiknya keringkan rambut secara lembut setelah keramas, atau ketika ingin merapikan rambut kering, cukup dengan menyisir menggunakan jari secara perlahan.

  1. Pilih produk perawatan rambut yang tepat

Untuk sampo dan kondisioner, pilihlah yang diformulasikan khusus untuk rambut keriting. Hal ini bertujuan untuk membuat rambut keriting Anda tetap terjaga kelembapannya.

Disarankan pula untuk mengurangi penggunaan produk penata rambut semacam gel dan wax, karena bagi rambut keriting, produk-produk tersebut justru akan memperparah kondisi keringnya rambut Anda.

  1. Pilih gaya potongan rambut yang tepat

Jika Anda memiliki rambut keriting yang cenderung ikal bergelombang, tidak masalah jika ingin membuatnya dalam kondisi panjang atau pendek. Namun, jika Anda ingin memanjangkan rambut jenis ini, ada baiknya tidak melebihi pundak karena justru akan terlihat berantakan jika terlalu panjang.

Bagi Anda yang memiliki rambut keriting halus seperti yang dimiliki Justin Timberlake saat muda, sebaiknya potongan pendek yang dipilih untuk menyeimbangkan bentuk wajah dan kondisi rambut.

Sedangkan jika rambut keriting Anda cenderung kaku, tidak masalah untuk membuatnya terlihat Afro, tetapi perlu diingat untuk tidak ‘memeliharanya’ hingga besar karena akan membuat Anda terlihat tenggelam oleh rambut Anda sendiri. (imron)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.