Ingin Percaya Diri Saat Networking? Ikuti 5 Tips Berikut Ini

  • Whatsapp
Ingin Percaya Diri Saat Networking? Ikuti 5 Tips Berikut Ini
IIustrasi: Networking

JAKARTA, RADAR24NEWS.COM-Menjalin hubungan kerja atau networking sangat berguna bagi karir Anda. Tak hanya memperluas pergaulan profesional, tapi juga membuka peluang karir Anda.

Namun networking dengan orang yang tak dikenal, bisa menjadi pengalaman yang menakutkan bagi sebagian orang, terutama bagi mereka yang pemalu atau introvert.

Bacaan Lainnya

Agar bisa merasa lebih percaya diri saat networking, cobalah 5 tips berikut ini seperti dilansir Careerrealism, Kamis (22/7/2021),

1. Tahu cara memulai pembicaraan

Hal pertama yang Anda perlukan saat melakukan networking adalah dengan memulai pembicaraan dan memecahkan suasana kaku bersama orang yang belum Anda kenal.

Kalimat sederhana seperti, “Halo, nama saya….” sebenarnya merupakan cara yang paling mudah. Anda juga bisa menanyakan dia bekerja di perusahaan mana dan apa jabatannya. Dari sana, pembicaraan pun akan lebih mudah mengalir.

2. Lakukan pemanasan

Jika Anda akan datang ke sebuah acara networking, di mana Anda akan bertemu banyak orang yang tak dikenal, maka lakukan pemanasan untuk mengatasi rasa gugup Anda.

Begitu Anda masuk ke dalam ruangan, carilah orang yang terlihat sedang sendiri. Dekati dan sapa dengan senyuman. Setelah mengobrol sesaat, Anda akan merasakan bahwa rasa gugup Anda hilang dan Anda pun lebih nyaman mengobrol dengan siapa saja yang ada di ruangan tersebut.

3. Sadari bahasa tubuh Anda

Tahukah Anda bahwa 93 persen komunikasi adalah non-verbal? Artinya, untuk memberikan kesan positif, maka Anda harus memperhatikan komunikasi non-verbal Anda.

Caranya, pastikan Anda memasang wajah ramah setiap saat, hindari melipat tangan di dada karena terkesan menjauhkan diri, dan selalu jaga kontak mata saat berbicara dengan orang lain.

4. Tanyakan hal yang tak biasa

Cobalah memberikan pertanyaan yang menarik dan sedikit di luar kebiasaan. Orang biasanya akan merasa terkesan dengan pemikiran yang “out of the box”. Tapi tentunya, jangan sampai pertanyaan itu menyinggung perasaan atau terkesan terlalu pribadi.

Misalnya, ketika Anda bertemu dengan seorang arsitek, Anda bisa bertanya, “Bagaimana rasanya merancang bangunan yang akan ada selama ratusan tahun?”

5. Bersenang-senang

Satu hal yang pasti, bersenang-senanglah. Jangan menjadikan proses networking sebagai hal yang bisa membuat Anda stres.

Justru sebaliknya, jadikan ini sebagai ajang Anda untuk mengenal orang lain dan memperkenalkan diri serta profesi Anda ke orang lain. Orang akan tertarik pada Anda, jika Anda memperlihatkan sikap yang baik. (gus/red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.